Mulyohardjo, Samuel Yuhan (2020) Perencanaan dan Perancangan Pusat Komunitas Belajar dan Taman Bermain Edukatif Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya kartika.
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (224kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hak setiap orang untuk memperolehnya tak terkecuali mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan (difabel). Namun, sedikitnya wadah untuk menampung anak dengan keterbatasan kemampuan ini sehingga masih banyak anak dengan keterbatasan ini untuk memperoleh pendidikan. Oleh karena itu , tugas akhir ini dapat dijadikan sebagai refrensi desain dari pusat komunitas belajar dan taman bermain edukatif agar nantinya anak berkebutuhan khusus (difabel) memiliki wadah untuk berkomunitas. Metode yang digunakan metode pemecahan masalah yang terdiri dari tahap persiapan, identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis, konsep dan desain arsitektural. Konsep dari tugas akhir ini mengankat perilaku anak dengan gangguan fisik khususnya tuna netra, tuna rungu dan tuna daksa. Dimana, aspek kognitif anak menjadi salah satu aspek dalam konsep bentukan bangunan, aspek afektif akan mendorong pada bagaimana pengguna bertransformasi pada konsep keruangan dan aspek psikomotorik mempengaruhi bagaimana pengguna bertransformasi pada konsep site terutama dalam sirkulasi dan aksesbilitas. Desain dari tugas akhir ini tidak terlepas dari aspek ekonomi agar pusat komunitas ini dapat survive secara mandiri yang tergambar pada bisnis model kanvas nantinya. Dengan adanya tugas akhir ini diharapkan dapat menjadi salah satu refrensi dari desain pusat komunitas untuk anak dengan gangguan fisik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunitas belajar; taman bermain; anak berkebutuhan khusus, kognitif, afektif, psikomotorik |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 13:53 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 13:53 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1071 |
Actions (login required)
View Item |