Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Plaza Telkom Surabaya

Palenewen, Clifford Bela Marcelo (2020) Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Plaza Telkom Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK CLIFFORD 21117010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rencana pembangunan gedung Plaza Telkom yang berdiri pada tanah seluas ± 5637 m2 dengan total luas bangunan ± 17.856 m2 diperkirakan akan menimbulkan bangkitan dan tarikan yang cukup besar sehingga berdampak pada penurunan kinerja ruas jalan dan simpang di sekitar kawasan manyar kertoadi 1 Surabaya tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan analisis dampak lalu lintas (andalalin) pada pembangunan kantor Telkom agar dampak penurunan dari kinerja jaringan jalan dan simpang dapat diminimalisir, serta dapat memberikan solusi pemecahan masalah lalu lintas yang terjadi akibat pembangunan kantor Telkom tersebut. Tahapan analisa dampak lalu lintas meliputi peramalan tarikan dan bangkitan perjalanan setelah adanya kantor, yang mana didapat dari perbandingan 3 kantor Telkom di Surabaya, yakni Grapari Telkomsel Dinoyo, Kantor Plasa Telkom Kendangsari, dan Kantor Telkom regional V Ketintang Surabaya. Kemudian dilakukan analisa kinerja lalu lintas ruas dan simpang kondisi eksisting, menganalisa peramalan lalu lintas baik tanpa maupun dengan pembangunan kawasan, menganalisa kebutuhan dan ketersediaan parkir, serta menyusun alternatif rekomendasi penanganan dampak lalu lintas akibat adanya pembangunan kantor tekom tersebut. Analisis perhitungan kinerja ruas jalan dan persimpangan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997). Hasil dari analisa menunjukkan bahwa kondisi eksisting pada Simpang bersinyal Jl. Arief Rahman Hakim – Jl. Dr. Ir. Soekarno sudah memiliki tingkat pelayanan yang buruk, DS > 0,75.Sedangkan simpang bersinyal Simpang bersinyal Jl. Manyar Kertoarjo - Jl. Raya Manyar Kertoarjo - Jl. Ir. H. Soekarno juga DS > 0,75. Kemudian dilakukan perbaikan pada simpang tersebut dengan beberapa kombinasi alternatif yaitu pelebaran geometrik jalan sebesar 7m menjadi 10m pada simpang Jl. Arief Rahman Hakim – Jl. Dr. Ir. Soekarno serta pengaturan ulang waktu hijau. Sedangkan pada simpang Jl. Manyar Kertoarjo - Jl. Raya Manyar Kertoarjo - Jl. Ir. H. Soekarno dilakukan pengurangan fase dari empat fase menjadi tiga fase sehingga didapatkan tingkat pelayanan yang lebih baik dari kondisi sebelum perbaikan DS < 0,75. Untuk tingkat pelayanan simpang Jl. Arief Rahman Hakim – Jl. Dr. Ir. Soekarno pada kondisi eksisting setelah perbaikan DS < 0,75. Untuk tingkat pelayanan simpang Jl. Manyar Kertoarjo - Jl. Raya Manyar Kertoarjo - Jl. Ir. H. Soekarno pada kondisi eksisting setelah perbaikan DS < 0,75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.SIP Pal 23 2020
Uncontrolled Keywords: Andalalin, bangkitan, tarikan, alternatif perbaikan lalu lintas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 03 Jan 2022 06:27
Last Modified: 22 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item