Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Mengakses Wifi Di Universitas Widya Kartika Surabaya

Sutanto, Tan Natalia (2013) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Mengakses Wifi Di Universitas Widya Kartika Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (86kB)

Abstract

Perkembangan jaman yang serba modern saat ini sangatlah membuat perubahan pada setiap masyarakat. Apalagi dengan adanya internet yang dapat menjangkau dari berbagai pulau maupun negara. Begitu pula dalam dunia pendidikan yang sudah lama bersentuhan dengan hal yang berbau digital. Mahasiswa terkadang dituntut untuk dapat mengakses internet agar memudahkan mereka mendapatkan semua informasi yang mereka belum pernah ketahui sebelumnya. Melalui variabel Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible dapat melihat kepuasan mahasiswa dalam mengakses WiFi dengan jumlah responden sebanyak 120 orang. Responden pun dari semua jurusan yaitu Manajemen, Akuntansi, Informatika, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, ARK (Arsitek, Elektro, Komputer Akuntansi) dan dimulai dari angkatan 2009-2012. Teknik analisis datanya dengan regresi linier berganda, penghitungan menggunakan SPSS 20.0 for Windows. Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa diduga variabel Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible, berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa dalam mengakses WiFi di Universitas Widya Kartika Surabaya. Dengan menggunakan uji F menunjukkan adanya pengaruh kualitas layanan dengan kepuasan mahasiswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai Fhitung 23.479 > 2.31 Ftabel dengan demikian hipotesis yang pertama terbukti. Koefisien determinasi (R2) sebesar 50.7% yang berarti besarnya kontribusi yang diberikan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 50.7%. Hipotesis kedua, diduga variabel Reliability berpengaruh dominan terhadap kepuasan mahasiswa dalam mengakses WiFi di Universitas Widya Kartika Surabaya. Dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa yang dominan adalah variabel Tangible (X5) dengan standartdized coefficients-beta tertinggi sebesar 0.559 sedangkan variabel Reliability (X1) hanya sebesar 0.004 sehingga dengan demikian hipotesis yang kedua tidak terbukti, karena kemampuan sinyal WiFi dilantai 2 dan 3 koneksinya lebih kuat dibandingkan dengan kemampuan sinyal WiFi dilantai 4 dan 5. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang lebih sering menggunakan WiFi dilantai 2 dan 3 dibandingkan dilantai 4 dan 5. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang pertama terbukti bahwa variabel bebas yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan mahasiswa dalam mengakses WiFi di Universitas Widya Kartika. Sedangkan hipotesis ke dua tidak terbukti bahwa variabel Reliability berpengaruh secara dominan melainkan variabel Tangible.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sut 79 2013
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, WiFi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5469.7-5481 Markets. Fairs
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:55
Last Modified: 07 Jan 2022 06:55
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item