Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model

Hari, Yulius and Darmanto, Darmanto and Trisno, Indra Budi and Widianto, Yonatan and Hermawan, Budi (2020) Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Jurnal Teknik (Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo), 18 (2). pp. 112-122. ISSN P - ISSN: 1693 - 6191 E - ISSN: 2715 - 7660

[img] Image (PEER REVIEW-INDRA B T)
PR-Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model.pdf

Download (700kB)
[img] Image (PEER REVIEW-BUDI HERMAWAN)
PR-Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model.pdf

Download (432kB)
[img] Image (CEK SIMILARITAS)
TURNITIN-Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model.pdf

Download (2MB)
[img] Text (PEER REVIEW-DARMANTO)
PR-Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model.pdf

Download (134kB)
Official URL: https://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/...

Abstract

Dalam situasi pandemic novel COVID-19 diseluruh dunia memaksa seluruh perubahan dalam tatanan kegiatan yang ada dalam masyarakat, salah satunya adalah dalam kegiatan belajar mengajar Sebagai solusi kegiatan pembelajaran saat ini semuanya wajib dilaksanakan dengan online, baik siswa maupun pengajar dipaksa untuk beradaptasi dengan online learning system. Perubahan yang mendadak inilah yang seringkali menyebabkan permasalahan terkait perilaku pembelajaran. Penelitian ini mencoba mengamati perilaku siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang terpaksa dilakukan dari rumah dengan pendekatan prinsip Technology Acceptance Model(TAM). Responden penelitian berjumlah 93 orang dari Univeristas Widya Kartika dan sistem elearning yang diujikan adalah penggunaan media pembelajaran dengan whatsapp, LMS Moodle, zoom meeting dan kombinasinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keberagaman persepsi dari penggunaan media pembelajaran yang dirasakan oleh pengampu mata kuliah dengan siswa. Pemanfaatan media chatting mendapatkan nilai kemudahan (ease of use) tertinggi namun mendapatkan nilai kepuasan terendah dengan hasil ujian yang rendah. Hal ini menunjukkan korelasi yang antara kemudahan media pembelajaran dengan kemampuan penyerapan materi pembelajaran tidak berjalan linier.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Online Learning System; pembelajaran saat COVID-19, TAM; performa pendidikan.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General)
Divisions: Artikel Ilmiah
Depositing User: Staff Perpustakaan Uwika
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:59
Last Modified: 15 Mar 2024 03:16
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item