Teknik Casting untuk Membuat Realistik 3D View dengan Menggunakan Bahasa C

Windsor, Roy (1997) Teknik Casting untuk Membuat Realistik 3D View dengan Menggunakan Bahasa C. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
61 ROY WINDSOR.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pada era teknologi canggih ini, manusia semakin membutuhkan banyak informasi yang cepat dan tepat. Suatu informasi sangat berguna bagi manusia untuk mengembangkan ilmu dan agar tidak ketinggalan jaman. Informasi dapat berupa tulisan, suara dan gambar. Seperti yang ada diatas bahwa informasi dapat berupa gambar. Penggunaan informasi yang berupa gambar banyak digunakan pada masa sekarang seperti pada iklan , film dan bidang pendidikan. Sebab dengan informasi yang berupa sebuah gambar akan lebih mudah dimengerti dibanding dengan tulisan atau suara . Sebuah gambar mempunyai dua jenis yaitu gambar 2 - D dan gambar 3 - D. Gambar 2 -D adalah dasar dari semua bentuk gambar seperti sebuah gambar lingkaran dikatakan bahwa lingkaran tadi adalah gambar 2 - D. Sedangkan untuk gambar 3 - D diperoleh dari gabungan gambar - gambar 2 -D yang diolah sehingga memberikan kesan seperti gambar 3 - D. Proses pengolahan itu adalah proses Texturing dan dalam proses itu ada banyak cara untuk mengolah gambar 2 - D untuk menjadikannya menjadi gambar 3 - D yang realistik.Dan salah satu cara adalah dengan teknik Ray Tracing . Tetapi teknik Ray Tracing sangat sulit untuk dimplementasikan sebab mempunyai cakupan yang luas. Yang dimaksud dengan cakupan yang luas adalah Ray Tracing dapat digunakan untuk semua bentuk benda. Selain dari teknik Ray Tracing tadi dikenal juga sebuah teknik yang lebih sederhana yaitu teknik Ray Casting. Dan teknik ini hanya dapat digunakan untuk sebuah gambar 3 - D yang berbentuk ruang yaitu yang mempunyai atap, lantai dan tembok. Tetapi jika hendak mengetahui bagaimana teknik Ray Tracing bekerja seharusnya terlebih dahulu mempelajari teknik Ray Casting sebab teknik ini adalah dasar dari teknik Ray Tracing . Teknik Ray Casting ini merupakan teori yang menggunakan matematika dengan dasar perhitungan sudut dan perpotongan garis.Selain itu teknik Ray Casting menggunakan cahaya dan sudut pandang dari pengamat untuk memberikan kesan 3 - D yang realistik pada suatu ruang 2 - D. Dengan mengetahui cara kerja teknik Ray Casting maka dengan mudah dapat dikembangkan untuk teknik - teknik yang lain . Dan dalam tugas akhir ini disertakan juga program sederhana dari teknik Ray Casting dalam bahasa C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.INF Win 61 1997
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:22
Last Modified: 26 Jul 2022 03:23
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item