Evaluasi Biaya Kualitas Pada Perusahaan Roti LIA Pasuruan

Ivan, Drago (2011) Evaluasi Biaya Kualitas Pada Perusahaan Roti LIA Pasuruan. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 01.pdf

Download (6kB)

Abstract

Biaya kualitas meliputi biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal. Antara biaya pencegahan dan biaya penilaian dengan biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal berpengaruh terhadap keseimbangan perusahaan. Perusahaan Roti Lia merupakan perusahaan roti yang juga menyadari arti pentingnya kualitas bagi kelangsungan hidup perusahaannya. Dalam pelaksanaannya perusahaan roti Lia memasukkan biaya kualitas sebagai bagian dari biaya produksi, sehingga biaya produksi semakin tinggi. Untuk itu perusahaan roti Lia berusaha mengendalikan biaya kualitas untuk dapat mengefisienkan biaya produksi, salah satunya dengan cara membuat laporan biaya kualitas secara khusus. Dari hasil pembahasan diperoleh bahwa: Pihak manajemen perusahaan roti Lia telah melakukan pengendalian terhadap biaya kualitas, namun pada tahun 2010 biaya kualitas yang ada belum sesuai standar biaya kualitas 2,5% dari penjualan aktual. Pada analisa biaya kualitas berdasarkan penjualan aktual (actual sales), total biaya kualitas periode tahun 2008 adalah sebesar Rp.17.023.000,- dimana jumlah ini merupakan 2,42% dari jumlah penjualan aktual. Sedangkan pada periode tahun 2009 total biaya kualitas adalah sebesar Rp.19.846.000,- atau sebesar 2,34% dari penjualan. Sedangkan pada periode tahun 2010 total biaya kualitas adalah sebesar Rp.19.865.000,- atau sebesar 2,83% dari penjualan aktual, hal itu dikarenakan pihak manajemen telah melakukan antisipasi kenaikan harga bahan baku tetapi tidak memperhitungkan tingkat persaingan pasar, sehingga terjadi peningkatan biaya kualitas tetapi tingkat penjualan tidak dapat maksimal. Pada periode-periode mendatang, perusahaan harus tetap berusaha mengendalikan biaya kualitas dengan tetap memperhatikan kualitas produk maupun penghematan biaya, sehingga perusahaan dapat mencapai standart biaya kualitas yaitu 2,5% dari penjualan aktual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.AK Iva 01 2011
Uncontrolled Keywords: Biaya kualitas, Biaya pencegahan, Biaya penilaian, Biaya kegagalan internal, dan Biaya kegagalan eksternal.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:23
Last Modified: 11 Jan 2023 04:38
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item