Analisis Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Untuk Menciptakan Nilai (Value Creation) Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

Wijaya, Destivanel Tirta (2011) Analisis Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Untuk Menciptakan Nilai (Value Creation) Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 02.pdf

Download (27kB)

Abstract

Sesuai dengan tujuan perusahaan yang berorientasi laba yaitu meningkatkan nilai perusahaan, kesuksesan perusahaan tidak hanya diukur dari kemampuan menghasilkan laba saja tetapi yang paling penting adalah aktivitas bisnis yang dilakukan oleh perusahaan mampu menciptakan nilai bagi pemilik perusahaan. Penciptaan nilai dapat dilihat dari Economic Value Added (EVA) yang positif, hal ini juga berarti bahwa Market Value Added (MVA) dari perusahaan adalah positif karena MVA pada dasarnya adalah EVA yang dihasilkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) untuk menciptakan nilai (value creation) pada suatu perusahaan. PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk adalah produsen mie instan yang meliputi pembuatan mie instan dan pembuatan bumbu mie instan serta pengolahan gandum menjadi tepung terigu. Grup Indofood merupakan produsen makanan olahan yang cukup besar di Indonesia dan memiliki pangsa pasar yang cukup dominan untuk produk – produk mie instan, tepung terigu, minyak goreng, makanan ringan dan makanan bayi. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis berusaha untuk meneliti dan menganalisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) untuk menciptakan nilai (Value Creation) pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Pertama penulis menghitung rasio Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Kemudian penulis menganalisis apakah terjadi penciptaan nilai pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Pada tahun 2008 dan 2009 PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk mempunyai EVA lebih dari nol, sebesar Rp. 1.439.689.000.000 dan Rp. 643.372.000.000. Sehingga pada tahun 2008 dan 2009 MVA PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk juga positif dan terjadi penciptaan nilai. Tetapi pada tahun 2010 PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk mempunyai EVA kurang dari nol, sebesar negatif Rp. 2.217.736.000.000. Sehingga pada tahun 2010 MVA PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk negatif dan tidak terjadi penciptaan nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.AK Wij 02 2011
Uncontrolled Keywords: Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Value Creation.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:39
Last Modified: 21 Sep 2022 06:39
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item View Item