Pello, Andreas Jonathan (2016) Pembuatan Mobile Game “Historia” untuk Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
|
Text
abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Pelajaran sejarah adalah salah satu mata pelajaran wajib di kurikulum sekolah. Namun, sebagian besar siswa menganggap sejarah sebagai pelajaran sulit. Penyebabnya adalah banyaknya nama tokoh, nama peristiwa, tempat, tanggal, penyebab, akibat, dan isi peristiwa yang harus dihapal. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah mobile game sebagai media alternatif pembelajaran sejarah untuk membantu para siswa dalam mempelajari sejarah sekaligus meningkatkan minat terhadap pelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterflow yang dimulai dari identifikasi masalah, analisa dan desain sistem permainan, implementasi, ujicoba, dan laporan. Penulis menggunakan GDD (Game Design Document) dalam proses desain game dan Unity dalam proses pengembangan game. Dari hasil ujicoba kepada para siswa dan guru SMP menunjukkan bahwa game Historia membantu siswa dalam memahami sejarah dan juga meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran sejarah. Selain itu, game Historia juga membantu para guru dalam proses mengajarkan sejarah pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.INF Pel 126 2016 |
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi Interaktif, Sejarah, Mobile Game, Game Design Document, Unity |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 16 Mar 2018 03:48 |
Last Modified: | 22 Mar 2018 03:16 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/251 |
Actions (login required)
View Item |