Partiana, Sani (2005) Peranan Pemeriksaan Intern Dalam Mengamankan Penjualan Dan Penagihan Di Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sumedang. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
53 SANI PARTANIA.pdf Download (866kB) |
Abstract
Tujuan utama dari suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba sebesar-besarnya demi kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Untuk Mencapai tujuan itu maka harus dilakukan pengoptimalan penerimaan pendapatan.Dalam hal ini penulis hanya meneliti pada pendapatan yang berasal dari pelanggan baru, dengan mengamankan pendapatan tersebut dari berbagai macam penyelewengan. Caranya adalah dengan menerapkan Struktur Pengendalian Intern penjualan dan Penagihan Pelanggan Baru yang efektif, karena proses penjualan dan penagihan merupakan kegiatan utama perusahaan dalam memperoleh pendapatannya. Cara yang harus dilakukan untuk menciptakan efektifitas Struktur pengendalian Intern dan Penjualan Pelanggan Baru melalui kegiatan Pemeriksaan intern. Pemeriksaan Intern merupakan suatu kegiatan penilaian yang independen dalam organisasi untuk mereview operasi perusahaan dengan melakukan pengujian dan pengevaluasian terhadap kebijakan dan prosedur Struktur Pengendalian Intern. Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pemeriksaan intern dalam menunjang efektifitas struktur pengendalian intern penjualan dan penagihan pelanggan baru pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Sumedang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskripif analitis, dengan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang dilakukan terhadap data kualiatif yang di dapat dari jawaban-jawaban responden terhadap kuisioner dilakukan dengan menghitung jawaban-jawaban yang ada kemudian ditarik kesimpulan yang terkait dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada di kuisioner. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa PDAM Kabupaten Sumedang telah menerapkan struktur pengendalian intern penjulan dan penagihan pelanggan baru yang efektif dalam mengamankan penjualan dan penagihan pelanggan baru. Pemeriksaan intern telah dilaksanakan sesuai dengan standar Profesional Audit Internal sehingga dapat menunjang terciptanya efektifias struktur pengendalian intern penjualan dan penagihan pelanggan baru. Sehingga dengan demikian maka pemeriksaan intern yang dilahirkan pada PDAM Kabupaten Sumedang telah berperan mengamankan penjualan dan penagihan pelanggan baru. Tanggapan responden terhadap kuisioner : untuk kebijakan penjualan dan penagihan pelanggan baru, mayoritas responden setuju dengan semua kebijakan yang ada dalam penjualan dan penagihan pelanggan baru, untuk prosedur pemasangan baru, mayoritas responden setuju dengan semua prosedur yang ada dalam prosedur pemasangan jaringan barang untuk prosedur pembuatan rekening, mayoritas responden setuju dengan semua prosedur pembuatan rekening yang ada di PDAM Kabupaten Sumedang; untuk prosedur penagihan dan penerimaan uang sebagai besar responden setuju dengan prosedur penagihan dan penerimaan uang yang ada di PDAM Kabupaten Sumedang. Untuk lebih memudahkan dalam melihat arah arus prosedur penjualan dan penagihan pelanggan baru diharapkan perusahaan membuat prosedur penjualan dan penagihan pelanggan baru yang berbentuk narasi dilengkapi dengan flow chart.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.AK Par 53 2005 |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 08:00 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 08:00 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2631 |
Actions (login required)
View Item |