Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Jumlah Pembelian Minyak Goreng Filma di Pasar Genteng Baru Surabaya

Mintari, Mintari (2001) Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Jumlah Pembelian Minyak Goreng Filma di Pasar Genteng Baru Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
193.MINTARI.pdf

Download (788kB)

Abstract

Untuk dapat melaksanakan suatu pemasaran yang berhasil, maka perusahaan harus memperhatikan beberapa faktor dalam memasarkan hasil produksi, diantaranya faktor harga, produk, promosi dan distribusi dimana faktor-faktor tersebut terpengaruh terhadap jumlah pembeli konsumen terhadap produk perusahaan tersebut. Faktor-faktor tersebut diatas juga harus diperhatikan oleh PT. INTERMAS TATA TRADING dalam memproduksi minyak goreng Filma. Oleh karena itu lingkup pemasaran produk minyak goreng yang dimiliki perusahaan cukup besar maka penulis hanya meneliti harga, produk, promosi dan distribusi yang ada di Pasar genteng Baru Surabaya. Harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua ongkos atau bahkan lebih dari itu, yaitu untuk mendapatkan laba. Tetapi jika harga ditentukan terlalu tinggi akan berakibat kurang menguntungkan. Dalam hal ini pembeli akan berkurang, sehingga semua biaya mungkin tidak dapat ditutup dan akhirnya perusahaan menderita kerugian. Hal lain yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam memasarkan hasil produksinya adalah kualitas produk. Pemilihan yang seksama akan produk merupakan bagian yang penting. Pembeli akan membeli suatu produk jika dirasa tepat untuk membeli produk yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan distribusi terhadap jumlah pembelian minyak goreng Filma di Pasar Genteng Baru Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer dengan target populasi ibu rumah tanggan yang membeli minyak goreng Filma di Pasar Genteng Surabaya. Penyebaran kuesioner kepada 150 responden. Uji statistik yang diggunakan adalah uji F untuk mengetahui secara serempak pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial setiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,647, artinya pengaruh produk (Xl), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi terhadap jumlah pembelian minyak goreng Filma sebesar 64,7%. Uji F menunjukkan besar F hitung 66,485> F tabel 2,432, artinya ada pengaruh antara seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji korelasi secara parsial menghasilkan koefisien korelasi Xl sebesar 0,4506, koefisien korelasi X2 sebesar 0,5431, koefisien korelasi X3 sebesar 0,5024, koefisien korelasi X4 sebesar 0,4637. Dengan demikian pengaruh dominan adalah produk (X2) terhadap jumlah pembelian minyak goreng Filma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Min 193 2001
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:00
Last Modified: 07 Nov 2022 08:00
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2786

Actions (login required)

View Item View Item