Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi pada PT. Alpha Sigma Kharisma di Surabaya

Selvy, Selvy (2004) Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi pada PT. Alpha Sigma Kharisma di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
263. SELVY.pdf

Download (98kB)

Abstract

Persaingan bisnis di bidang jasa ekspedisi yang kian marak mendorong agar para pebisnis lebih memahami perilaku konsumen, terutama berhubungan dengan faktor-faktor yang menentukan keputusan konsumen. Ada empat faktor yang menjadi kajian dalam penelitian ini yang dianggap erat hubungannya dengan keputusan konsumen di dalam menggunakan ekspedisi. PT. Alpha Sigma Kharisma merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa ekspedisi yang bertempat di jalan Bongkaran no. 59 C. Dari permasalahan diatas maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut : Apakah faktor harga, kinerja pengiriman, pelayanan, dan kondisi barang menentukan keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi pada PT. Alpha Sigma Kharisma di Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan harga, kinerja pengiriman, pelayanan, dan kondisi barang dapat menentukan keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi pada PT. Alpha Sigma Kharisma di Surabaya. Adapun variabel yang diteliti adalah variabel bebas yaitu harga ( X1 ), kinerja pengiriman ( X2 ), pelayanan ( X3 ), kondisi barang ( X4, ),dan variabel terikat yaitu keputusan konsumen ( Y ). Untuk itu digunakan pengujian hipotesis kerja dengan menggunakan analisis linier berganda yaitu uji F dan uji T. Dari perhitungan regresi dihasilkan : Y = 0,141 + 0,300 X1 + 0,337 X2 + 0,176 X3 + 0,171 X4 + 0,384. Dari perhitungan korelasi dihasilkan R = 0,808 yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan kuat antara variabel bebas ( Xl, X2, X3, X4 ) terhadap keputusan konsumen ( Y ). Dengan mengunakan analisis uji F dapat disimpulkan bahwa harga ( X1 ), kinerja pengiriman ( X2 ), pelayanan ( X3 ), kondisi barang ( X4 ) secara bersama­ sama mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan konsumen ( Y ). Hal ini dinyatakan dengan Fhitung (37,618 ) > Ftabel ( 2,48 ). Dengan menggunakan analisis uji T dapat disimpulkan bahwa variabel harga (Xi) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan nilai Thitung 4,497 > Ttabel 1,9925. Variabel kinerja pengiriman (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan.nilai Thiitung 4,181 > Ttabel ,9925. Variabel pelayanan (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan nilai Thitung 2,278 > Ttabel 1,9925. Variabel kondisi barang (X4) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan nilai Thitung 2,212> Ttabel 1,9925. Dari keempat variabel tersebut harga merupakan variabel yang dominan di dalam menentukan keputusan konsumen untuk menggunakan ekspedisi pada PT. Alpha Sigma Kharisma, maka untuk hipotesis kedua tidak terbukti. Dengan demikian perusahaan perlu memperhatikan variabel harga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sel 263 2004
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:16
Last Modified: 23 Nov 2022 08:16
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item View Item