Haryanto, Haryanto (1999) Peranan Analisis Break Even Point Sebagai Dasar Perencanaan Laba Pada P.T. ”X" Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
145. HARYANTO.pdf Download (1MB) |
Abstract
Umumnya perusahaaan didalam usahanya menginginkan suatu tingkat laba yang optimal, maka untuk itu, perusahaan seharusnya membuat analisis break even point. Analisis tersebut bersumber dari data masa lalu dan data sekarang yang masih relevan untuk diolah, dimana hasilnya menjadi informasi bagi perusahaan untuk mengambil keputusan, termasuk pengambilan keputusan perencanaan laba. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan pada P.T. ”X” di Surabaya, yang bergerak dalam bidang industri pembentukkan kardus dan offside printing masih belum menggunakan metode analisis break even point didalam menetapkan volume penjualan yang minimum dan harga jual yang optimum. Akibatnya perusahaan ini sering menderita kerugian, karena belum menerapkan metode break event point sebagai dasar dalam pengambilan keputusan manajemen sebagai dasar perencanaan laba perusahaan. Analisis break even point merupakan anaIisis yang digunakan oleh seorang manajer atau petugas perusahan unluk mengetahui pada volume penjualan dan volume produksi yang dihasilkan oleh perusahaan agar perusahaan yang bersangkutan tidak menderita kerugian namun tidak pula mendapat laba (impas). Dalam pembahasan ini dipakai metode contribusi margin untuk menetapkan tingkat break even point, karean metode ini menjabarkan biaya-biaya apa saja yang masuk dalam perhitungan break even point, metode ini juga memudahkan pihak manajemen dalam menghitung tingkal break even point baik dalam unit maupun rupiah. Metode ini juga bisa digunakan untuk menghitung margin of safety dan profit margin. Adapun faktor-faldor yang mempengaruhi break even point, yaitu perubahan biaya tetap, perubahan biaya variabel, perubahan harga jual, perubahan komposisi penjualan. Apabila terjadi perubahan faklor-faktor yang mempengaruhi dalam perhitungan analisis break even point, hendaknya perusahaan segera membuat analisis break even point yang baru, sehingga pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan atau kebijaksanaan dapat dilakukan secara tepat dan cepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.EKO Har 145 1999 |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Staff Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 03:05 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 03:05 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3136 |
Actions (login required)
View Item |