Audit Manajemen Fungsi Sumber Daya Manusia Dalam Menilai Kinerja Costumer Service dan Bagian Pengiriman pada PT. Pelayaran Samasagung Tunggal Perkasa di Surabaya

Aprilia, Rebeca Ruth (2023) Audit Manajemen Fungsi Sumber Daya Manusia Dalam Menilai Kinerja Costumer Service dan Bagian Pengiriman pada PT. Pelayaran Samasagung Tunggal Perkasa di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Cover Abstrak 11217012 REBECA RUTH APRILIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Produktivitas sangat berhubungan langsung dengan sumber daya manusia, maka hal ini sangat penting diperhatikan oleh pimpinan perusahaan. Jika produktifitas meningkat maka tujuan perusahaan mendapatkan laba juga pasti meningkat. Peningkatan produktifitas ini sangat berkaitan dengan kinerja karyawan yang merupakan sumber daya manusia dalam perusahaan, sehingga sumber daya manusia merupakan asset yang sangat penting dalam perusahaan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan solusi terbaik kepada perusahaan, serta mengurangi permasalahan supaya perusahaan dapat berjalan lebih baik lagi. Objek penelitian ini adalah fungsi sumber daya manusia menilai kinerja Customer Service dan Bagian Pengiriman PT. Samas. Sedangkan subjek pada penelitian ini yaitu PT. Samas. Penelitian ini dilakukan pada saat hari dan jam operasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan data kualitatif. Sumber data penelitian ini ada sumber data primer. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara. Hasil pada penelitian ini, menunjukkan bahwa memang ada beberapa permasalahan khususnya pada bagian customer service dan bagian pengiriman. Untuk bagian customer service kurang adanya etika untuk menjawab secara sopan dan tertata rapi kepada setiap pelanggan atau customer. Penanganan menjawab media sosial yang kurang aktif, dikarenakan pemegang media sosial hanya satu yaitu customer service sendiri. Untuk bagian pengiriman masih banyaknya pemasalahan dalam pengiriman baik keterlambatan hingga barang rusak maupun kurang. Saran dari peneliti yaitu memberikan pelatihan kepada customer service agar cara menjawab sopan dan tertata rapi, maka customer bisa puas akan layanannya. Kemudian menambahkan admin khusus untuk membantu menjawab customer melalui media sosial agar tidak terjadi slowrespon, karena media sosial juga biasa digunakan para pelanggan, selain menelepon ke kantor. Untuk bagian pengiriman, jika ada masalah bisa menghubungi pihak perusahaan pusat yaitu Surabaya, agar dapat diberikan bantuan solusi serta pihak pusat juga dapat membantu memberikan info kepada para pelanggannya jika barang ada masalah. Harus lebih diperbaiki lagi, agar meminimalisasi terjadi kesalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.AK Apr 335 2023
Uncontrolled Keywords: Audit Manajemen, Sumber Daya Manusia, Kinerja Karyawan, Pelayaran Kapal, Ekspedisi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:47
Last Modified: 27 Mar 2024 01:44
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item