Simson, Simson and Talakua, Eddy Lybrech and Dhaniswara, Erwin (2024) TURNITIN - Perbandingan Performansi Antara Differential Evolution dan Bat Algorithm pada Tuning PID untuk Optimasi Kontrol Kecepatan Parallel Hybrid Electric Vehicle. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, 18 (1). pp. 18-20. ISSN 2549-3442
Text (SIMILARITY)
Electrician Jurnal_Simson (1).pdf Download (927kB) |
Abstract
Masalah kondisi saat ini, terdapat banyak sekali alat transportasi yang memakai bahan bakar minyak (Internal Combustion Engine (ICE)). Sehingga berakibat fatal pada lingkungan karena penecemaran udara . Solusinya adalah dengan menggunakan parallel hybrid electric vehicle (PHEV). PHEV adalah memiliki keunggulan yaitu kecepatan yang stabil pada saat beroperasi. Pada penelitian ini, Beberapa metode yang digunakan pada algoritma metaheuristik dalam disturbance observer dimana metode ini mampu menggambarkan inverse model pada plant tanpa harus menciptakan model matematikanya. Pengoperasian dilakukan dengan perbandingan dua metode pada algoritma metaheuristik yaitu Differential Evolution, dan Bat Algirthm. Hasil simulasi menunjukan bahwa metode yang digunakan pada HEV ini untuk mempertahankan kecepatannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Algoritma Metaheuristik, Internal Combution Engine, Kontrol PID, Parallel Hybrid Electric Vehicle |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | HROD |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:19 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:00 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3418 |
Actions (login required)
View Item |