Rukismono, Martinus (2011) PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MEMILIH JASA TRANSPORTASI UDARA LION AIR DI SURABAYA. Jurnal Kewirausahaan, 5 (2). pp. 1-9. ISSN 1978-4724
|
Text
LION AIR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sarana transportasi dituntut agar bisa menyediakan fasilitas yang aman, nyaman, cepat dan harga yang kompetitif. Persaingan sarana transportasi yang ada membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik pelanggan agar membeli produk yang ditawarkan pada perusahaan tersebut. Oleh karena itu seorang produsen harus jeli dalam membaca lingkungan yaitu konsumen yang dituju agar dapat merebut perhatian konsumen dalam persaingan. PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) masih memimpin pangsa pasar domestic pada kwartal I 2011 lalu. Maskapai yang berkonsep Low Cost Corrier (LCC) tersebut menguasai pangsa pasar sebesar 36,63 persen untuk pasar penerbangan domestic. Banyak factor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan antara lain seperti persepsi, motivasi, sikap, dan pembelajaran. Presepsi tiap orang berbeda-beda, setiap konsumen mempunyai pandangan yang berbeda terhadap suatu perusahaan. Dari presepsi itu maka akan mendorong konsumen untuk memotivasi mereka dalam mengambil keputusan. Dengan adanya sikap dan pembelajaran dari konsumen maka akan memacu konsumen untuk melakukan pengulangan kembali terhadap suatu jasa yang di berikan perusahaan. Berdasarkan hasil uji F diproleh bahwa nilai F hilang > F tabel terbukti sebesar 26.465 > 2.64, sehingga dapat disimpulkan bahwa keempat variabel bebas (X) yang terdiri dari presepsi (X1), Motivasi (X2), Sikap (X3) dan Pembelajaran (X4) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variebel tergantung (Y) yaitu keputusan memilih jasa transportasi udara Lion Air di Surabaya. Dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05, yaitu sebesar 0.000 pada keempat variebel. Berdasarkan hasil uji t diperoleh data dalam nilai pada kolom Standardized Coefficient Beta dimana untuk variable Pembelajaran (X2) sebesar 0.315 lebih besar dibandingkan dengan presepsi (X1) sebesar 0.138, Motivasi (X2) sebesar 0.274, Sikap (X3) sebesar 0.186.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Artikel Ilmiah |
Depositing User: | HROD HROD |
Date Deposited: | 19 Mar 2018 03:10 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 01:25 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/5 |
Actions (login required)
View Item |