Studi Perencanaan Bangunan Beton Bertulang dengan menggunakan Sistem Ganda di Kota Surabaya

Sonbay, Stanley Basilio (2019) Studi Perencanaan Bangunan Beton Bertulang dengan menggunakan Sistem Ganda di Kota Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Halaman Abstrak fix.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian dalam makalah ini menggunakan bangunan gedung SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dengan ketinggian 8 lantai. Bangunan gedung ini direncanakan ulang dengan menggunakan sistem ganda dan sistem rangka pemikul momen khusus (SRPMK) dengan menggunakan program software perhitungan struktur untuk mendapatkan gaya-gaya dalam yang bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan dimensi dan penulangan pada struktur gedung dengan menggunaka dua sistem struktur yang berbeda, terutama pada pelat, balok dan kolom. Desain struktur bangunan gedung ini diharapkan dapat memenuhi syarat keamanan dan kenyamanan terutama dalam menahan gaya gempa. Perencanaan bangunan beton bertulang ini menggunakan peraturan SNI 2847:2013 dan SNI 1726:2012 untuk perencanaan gempanya. Semua perhitungan pembebanan berdasarkan beban minimum sesuai yang disyaratkan pada SNI 1727:2013, serta peraturan penunjang lainnya yang berlaku di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah dimensi dan penulangan balok serta kolom pada sistem ganda lebih kecil daripada sistem rangka pemikul momen khusus. Hal ini disebabkan pada sistem rangka pemikul momen khusus, gaya gempa ditahan seluruhnya pleh balok dan kolom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.SIP Son 10 2019
Uncontrolled Keywords: perencanaan, beton bertulang, gedung, sistem ganda, SRPMK
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:51
Last Modified: 20 Sep 2019 04:51
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item