Pengaruh Harga, Promosi, Distribusi, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Di Surabaya

Wijayanto, Julius (2014) Pengaruh Harga, Promosi, Distribusi, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (14kB)

Abstract

Teh Botol Sosro adalah salah satu dari sekian merek minuman dalam kemasan. Persaingan dalam kategori produk ini sangat ketat, tetapi Teh Botol Sosro pada tahun 2012 berhasil mendapatkan penghargaan Top Brand Award 2012 dari lembaga riset Frontiner Consulting Group dan majalah Marketing untuk kategori makanan dan minuman. Penghargaan yang diterima oleh Teh Botol Sosro ini memberikan reputasi yang positif pada merek Sosro untuk kategori teh kemasan. Citra merek yang positif ini nantinya akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Keberhasilan Teh Botol Sosro ini tidak bisa dilepaskan dari atribut bauran pemasaran dan citra merek. Pada Variabel Harga (X1), Promosi (X2), Distribusi (X3), Citra Merek (X4) dan Kualitas Produk (X5) berpengaruh secara simultan terhadap variabel (Y) yaitu Keputusan Pembelian Konsumen Teh Botol Sosro di Surabaya. Hal ini terbukti karena nilai Fhitung 30.897 > 2.32 Ftabel. Dengan demikian hipotesis pertama terbukti. Koefisien determinasi (R2) sebesar 62.2% yang berarti besarnya kontribusi yang diberikan Harga, Promosi, Distribusi, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro di Surabaya sebesar 62.2%. Pada Variabel Harga (X1), Promosi (X2), Distribusi (X3), Citra Merek (X4) dan Kualitas Produk (X5) berpengaruh secara parsial terhadap variabel (Y) yaitu Keputusan Pembelian Konsumen Teh Botol Sosro di Surabaya. Hal ini terbukti karena variabel Harga (X1) memiliki thitung (3.442) > ttabel (2.000), variabel Promosi (X2) memiliki thitung (2.223) > ttabel (2.000), variabel Distribusi (X3) memiliki thitung (2.229) > ttabel (2.000), variabel Citra Merek (X4) memiliki thitung (2.939) > ttabel (2.000), variabel Produk (X5) memiliki thitung (3.957) > ttabel (2.000). Dengan ini hipotesis kedua terbukti. Pada variabel Produk (X5), terbukti berpengaruh secara dominan, hal ini dapat ditunjukkan dengan standartdized coefficients-beta tertinggi sebesar 0.296. Dengan demikian hipotesis ketiga terbukti. Jadi semua variabel bebas berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap variabel terikat, sedangkan variabel yang berpengaruh dominan adalah Produk (X5).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Wij 136 2014
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Promosi, Distribusi, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Teh Botol Sosro
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 04 Jan 2022 06:44
Last Modified: 04 Jan 2022 06:44
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item View Item