Analisis Pengaruh Utilitarian Value, Hedonic Value, Perceived Benefit, Perceived Risk dan Purchase Experience Terhadap Intention To Use Internet For Purchase pada situs www.kaskus.co.id di Surabaya

Tedjo, Albert Probo (2014) Analisis Pengaruh Utilitarian Value, Hedonic Value, Perceived Benefit, Perceived Risk dan Purchase Experience Terhadap Intention To Use Internet For Purchase pada situs www.kaskus.co.id di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (14kB)

Abstract

Salah satu forum jual beli terbesar di Indonesia adalah Kaskus. Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. kaskus yang menyatakan diri sebagai situs terbesar di Indonesia harus terus mampu meningkatkan intensi pembelian konsumen pada forum jual beli kaskus, maka sudah selayaknya diketahui berbagai motif pembelian konsumen secara online. Berdasarkan penelitian Kim et al., (2004) bahwa terdapat berbagai variabel yang mempengaruhi intensi pembelian online, yaitu: utilitarian value of internet information search, hedonic value of internet information search, perceived benefit of internet shopping, perceived risk of internet shopping, dan purchase experience menjadi prediktor yang baik untuk intention to use internet for information purchase. Tujuan penelitian ini adalah menjual pengaruh utilitarian value of internet information search, hedonic value of internet information search, perceived benefit of internet shopping, perceived risk of internet shopping, dan purchase experience menjadi prediktor yang baik untuk intention to use internet for information purchase terhadap Intention to purchase pada toko online pada forum jual beli kaskus. Desain penelitian ini adalah penelitian kausal yaitu menjelaskan hubungan sebab akibat yaitu pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas penelitian meliputi: lima laten eksogen: Utilitarian Value of Internet Information Search, Hedonic Value of Internet Information Search, Perceived Benefit of Internet Shopping, Perceived Risk of Internet Shopping, dan Purchase Experience. Variabel terikat adalah Intention To purchase. Jumlah sampel sebanyak 100. Teknik analisa data adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa utilitarian value (X1), hedonic value (X2), perceived benefit (X3), perceived risk (X4), dan purchase experience (X5) berpengaruh signifikan terhadap intention to purchase. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hedonic value of internet information search, perceived benefit of internet shopping, perceived risk of internet shopping, dan purchase experience menjadi prediktor yang baik untuk intention to use internet for information purchase terhadap Intention to purchase pada toko online pada forum jual beli kaskus. Sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh adalah utilitarian value.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Ted 162 2014
Uncontrolled Keywords: utilitarian value of internet information search, hedonic value of internet information search, perceived benefit of internet shopping, perceived risk of internet shopping, purchase experience
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5428-5429.6 Retail trade
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:17
Last Modified: 06 Jan 2022 06:17
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1193

Actions (login required)

View Item View Item