Wibowo, Nyoto Arief (2013) Aplikasi Asosiasi Data Mining Pada Toko Roti Laritta Cabang Nias. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
Abstract
Masalah yang mayoritas dihadapi oleh perusahaan pengguna OLTP atau perangkat lunak adalah kesulitan dalam menganalisa data transaksi penjualan karena banyaknya jumlah data dan keterbatasan alat dalam mengolah data. Hal ini merupakan kerugian bagi perusahaan karena informasi yang telah tercatat atau tersimpan hanya menjadi data sampah. Oleh karena itu, penulis merancang suatu aplikasi data mining yang digunakan untuk menganalisa data transaksi penjualan. Teknik data mining yang digunakan untuk menganalisa adalah Association Rules dengan metode Market Basket Analysis. Market Basket Analysis merupakan salah satu metode data mining yang bertujuan untuk mencari tahu perilaku penjualan pada produk – produk yang dibeli konsumen. Proses Market Basket Analysis dimulai dengan menganalisa buying habits konsumen dengan mencari tahu asosiasi antar produk dalam suatu transaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.INF Wib 74 2013 |
Uncontrolled Keywords: | Data mining, market basket analysis, buying habits, association rules, apriori |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:36 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:36 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |