Pengaruh Kepuasan Pelanggan Atas Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kartu Prabayar XL di Surabaya

Susanto, Hendrik (2012) Pengaruh Kepuasan Pelanggan Atas Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Kartu Prabayar XL di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Hendrik Susanto-11.pdf

Download (7kB)

Abstract

Dewasa ini persaingan bisnis dibidang telekomunikasi semakin ketat. semakin banyak penyedia jasa layanan saluran telekomunikasi yaitu kartu prabayar untuk telepon selular. Karena perkembangan yang semakin maju dan persaingan usaha yang begitu ketat membuat para penyedia jasa layanan telekomunikasi berlomba-lomba untuk memikat hati para konsumennya, perang tarif antar provider tidak dapat dihindarkan Sehingga penting bagi sebuah perusahaan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bauran pemasaran jasa yang berupa kepuasan terhadap produk, harga, Promosi, distribusi, orang, bukti fisik, proses dan layanan pelanggan terhadap Loyalitas pada Pelanggan Kartu Prabayar XL di Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang terdiri dari uji regresi linier berganda, dengan menggunakan uji probabilitas signifikansi, uji-F, dan koefisien determinasi berganda. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16.00 for windows. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner, penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel kepuasan terhadap produk, harga, Promosi, distribusi, orang, bukti fisik, proses dan layanan pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas pada Pelanggan Kartu Prabayar XL di Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-F dengan nilai signifikan 0,017 < 0,05 dan nilai Fhitung adalah 2.505. dan berdasarkan uji secara parsial diperoleh bahwa dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan XL di Surabaya yaitu variabel Kepuasan distribusi (X4) dengan nilai signifikan 0,021< 0,05 dan variabel Kepuasan layanan pelanggan (X8) dengan nilai 0,014 < 0,05. Sementara variabel yang tidak berpengaruh signifikan adalah Kepuasan Produk (X1) dengan nilai 0,516 > 0,05, Kepuasan Harga (X2) dengan nilai 0,911 > 0,05, Kepuasan Promosi (X3) dengan nilai 0,243 > 0,05, Kepuasan orang (X5) dengan nilai 0,098 > 0,05, Kepuasan bukti fisik (X6) dengan nilai 0,273 > 0,05, dan Kepuasan proses (X7) dengan nilai 0.713 > 0,05. Analisis koefisien determinan (R2) dilihat dari R Square 18% yang berarti Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kepuasan terhadap produk, harga, Promosi, distribusi, orang, bukti fisik, proses dan layanan pelanggan. sedangkan 82% dijelaskan oleh faktor penyebab lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO SuS 36 2012
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications > HE9713-9715 Cellular telephone serv ices industry. Wireless telephone industry
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:20
Last Modified: 15 Sep 2022 07:20
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item