Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Focus Salon di Surabaya

Santoso, Intan Sari (2012) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Focus Salon di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
53 INTAN SARI SANTOSO.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penampilan fisik yang menarik bagi seorang wanita merupakan suatu hal yang sangat penting dan menarik perhatian, karena hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Oleh sebab itu sebagai seorang pebisnis salon harus dapat mengubah penampilan pelanggannya semenarik mungkin, yang sesuai dengan keinginannya, Selain itu hal lain yang perlu dilakukan adalah mewujudkan keinginan pelanggan dengan cara memahami keinginan pelanggan, memperhatikan layanan yang dibutuhkan pelanggan, dan memberikan layanan yang akurat kepada pelanggan. Hal tersebut dilakukan supaya pelanggan tetap loyal, bisa mendapatkan pelanggan baru, seta bisa bersaing dengan salon-salon kecantikkan yang lain. Rumusan masalah yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama: apakah kualitas layanan yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara simultan berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan salon Focus di Surabaya? Kedua: apakah kualitas layanan yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty parsial berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan Focus Salon di Surabaya? Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah koefesien regresi linear berganda Uji F dan Uji t. Dari hasil perhitungan koefesien regresi linear berganda Y= -0,175 +0,349X1 + 0,033 X2 +0,447 X3+ 0,002 X4+ 0,223X5, sedangkan untuk hasil perhitungan uji F diperoleh Fhitung 0,118 > Ftabel 2,43, sehingga dapat disirnpulkan kualitas layanan yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara simultan berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan Focus Salon Di Surabaya. Selain itu dari hasil uji t juga dapat disimpulkan bahwa variabel tangibles (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel kepuasaan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung sebesar 3,770 > ttabel 2,015. Untuk variabel Reliability (X2) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung sebesar 0,603 < ttabel 2,015. Variabel Responsivennes (X3) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel kepuasaan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung sebesar 7,682 > ttabel 2,015, Variabel Assurance (X4) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Variabel kepuasaan pelanggan hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung sebesar 0,049 < ttabel 2,015, Variabel Emphaty (X5) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasaan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung sebesar 2,708 > ttabel 2,015. Untuk hipotesis menyatakan bahwa variabel responsiveness (X3) berpengaruh dominan terhadap variabel kepuasaan pelanggan terbukti kebenarannya Karena setelah melakukan perhitungan, diketahui variabel responsiveness merupakan variabel yang dominan dalam kepuasaan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari Standardized Cofficient Beta , memiliki nilai yang paling tinggi dari pada variabel yang lain yaitu 0,467.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO San 53 2012
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:26
Last Modified: 21 Sep 2022 06:26
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item