Santoso, Hartanto (2011) Perilaku Konsumen Smartphone BLACKBERRY di Universitas Widya Kartika Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
Perilaku Konsumen Smartphone Blackberry di Universitas Widya Kartika Surabaya-14.pdf Download (8kB) |
Abstract
Saat ini ada jenis handphone sangat beragam, mulai dari handphone biasa hingga smartphone. Setiap jenis pun berbeda-beda, ada yang memiliki tombol layaknya handphone biasa, ada juga yang memiliki model “qwerty” yaitu seperti keyboard komputer, ada juga model yang memiliki layar sentuh atau biasa disebut touchsreen. Setiap jenis memiliki kelebihan dan fungsi masing-masing, karena ada konsumen yang lebih menyukai faktor-faktor tertentu seperti multimedia, aplikasi-aplikasi dan fitur-fitur tertentu. Akhir-akhir ini ada muncul sebuah Smartphone yang namanya pasti tidak asing bagi anda, yaitu Smartphone Blackberry. Dengan fitur-fitur yang menarik seperti Blackberry Messenger, Yahoo Messenger, Facebook, Push E-mail, Browser dll Smartphone ini cukup disukai dan menjadi trend di masyarakat. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana perilaku konsumen pengguna Smartphone Blackberry. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa konsumen pengguna Smartphone Blackberry lebih memilih tipe Blackberry dengan harga yang lebih murah daripada tipe lainnya. Konsumen juga lebih memilih tarif paket layanan yang lebih murah untuk mengaktifkan layanan Blackberry Internet Service. Dan dari hasil penelitian menyatakan bahwa konsumen pengguna Smartphone Blackberry memakai alat ini dimanapun dan setiap saat, yang berarti bahwa Blackberry telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup bahkan ketergantungan bagi penggunanya. Konsumen pengguna Smartphone Blackberry menunjukkan perilaku konsumen yang berusaha untuk menggunakan dan menghabiskan nilai barang yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan mereka. Dalam VALS1 (value and lifestyle1) dan VALS2 (value and lifestyle2) karakteristik konsumen pengguna Smartphone Blackberry termasuk dalam segmen Outer Directed dan Emulators karena konsumen merupakan kelas menengah dengan pendapatan kurang dari (<) Rp. 500.000,- yang ingin hura-hura, berbelanja terus dan punya hutang karena mereka rela mengeluarkan uang meskipun kredit untuk membeli Smartphone Blackberry atau memilih harga yang lebih murah demi mendapatkan Smartphone Blackberry, kemudian memiliki identitas dan solidaritas kelompok karena mereka mengetahui Smartphone Blackberry dan pada akhirnya memakainya dari teman-teman mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.EKO San 559 2011 |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB801-843 Consumption. Demand H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications > HE9713-9715 Cellular telephone serv ices industry. Wireless telephone industry H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Staff Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 07:21 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 07:21 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2249 |
Actions (login required)
View Item |