Analisis Strategi Pemasaran Pelapak di Bukalapak.com Tahun 2015

Hubert, Joannes Adianto (2017) Analisis Strategi Pemasaran Pelapak di Bukalapak.com Tahun 2015. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dari pelapak di bukalapak.com. Dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Penjualan barang tiap tahunnya semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Penjualan dari toko online sendiri juga tak kalah dari toko pada dunia nyata. Dari persaingan yang ketat didunia maya tersebut menyebabkan para penjual semakin berlomba-lomba menggunakan fitur berbayar untuk promosi maupun meningkatkan penjualan. Penjualan antara toko online 1 dengan yang lain bisa berbeda, karena feedback atau ulasan mempunyai peranan penting dalam pengaruhnya terhadap pendapatan suatu toko online. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah bukalapak.com dan pelapak di bukalapak.com, yang berasal dari Surabaya dan periode yang diambil adalah tahun 2015. Bukalapak.com bergerak di bidange-commerce dengan model C2C (customer-to-customer). Ruang lingkup dari penelitian ini hanya terfokus pemasaran padab ukalapak.com dan pelapak dari bukalapak.com, dengan wawancara untuk pengambilan data dan pengumpulan data dari berbagai sumber. Setelah dilakukan penelitian terhadap strategi pemasaran pelapak di bukalapak.com, dapat diketahui bahwa pemasaran yang produk yang dilakukan oleh pelapak adalah sebagai showroom atau galeri untuk melihat produk, dan sebagai pendongkrak omset. Dilihat dari rata-rata penggunaan fitur dibukalapak, pelapak hanya menggunakan akun gratis yang diberikan dibukalapak.com. Dengan menggunakan fitur bukalapak, maka pelapak mengetahui bahwa fitur tersebut belum bisa mendongkrak penjualan mereka sehingga untuk promosi dan pemasaran terhadap semua kategori barang bisa secara merata dan menarik lagi. Selain itu, pelapak dibukalapak.com juga menggunakan facebook, instagram, dan menggunakan platform e-commerce lainnya seperti shopee dan tokopedia. Promo-promo yang kurang menarik dari bukalapak.com dan fitur yang kurang tepat sasaran tak jarang menjadikan masalah tersendiri bagi pelapak dibukalapak.com. Dengan adanya permasalahan tersebut, perlu adanya perbaikan agar bukalapak.com beserta pelapak di bukalapak.com menjadi lebih baik lagi dengan cara melakukan pemasaran yang menarik serta memberikan fitur yang tepat sasaran bagi pelapaknya. Serta selalu menerima kritik dan saran yang membangun dari para pengguna dibukalapak, penjual maupun pembeli dibukalapak.com.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Hub 269 2017
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pemasaran, Promosi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:40
Last Modified: 21 Mar 2018 02:43
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item