Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Merk Honda Tipe Supra-X 125 cc Di Surabaya

Delima, Maryo Kartono (2009) Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Merk Honda Tipe Supra-X 125 cc Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
PDF ALL-11.pdf

Download (103kB)

Abstract

Sepeda motor dewasa ini dianggap masyarakat sebagai sarana transportasi yang ekonomis dan efisien. Berdasarkan faktor-faktor tersebut di atas maka industri-industri sepeda motor semakin berlomba-lomba untuk dapat memenangkan pangsa pasar persaingan bisnis. Peningkatan penjualan tersebut akan dicapai bila perusahaan mampu menghasilkan produk dengan mutu yang baik dan harga yang terjangkau untuk konsumen sasaran, yang tentunya juga harus diimbangi dengan peningkatan saluran distribusi dan kegiatan-kegiatan promosi yang mendukung ( marketing mix ). Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya baik secara parsial maupun simultan dan variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap variabel tergantung. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan variabel produk ( X1 ), harga ( X2 ), distribusi ( X3 ) dan promosi ( X4 ) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli sepeda motor merk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya ( Y ) secara signifikan dalam menggunakan produk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya, dibuktikan dengan nilai F hitung (20,822) > F tabel (2,45) maka H0 ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan tabel 4.12 diatas dapat dijelaskan bahwa nilai koefisien korelasi simultan (R) sebesar 0.683 menunjukkan bahwa keeratan atau kekuatan hubungan antara variabel produk ( X1 ), harga ( X2 ), distribusi ( X3 ) dan promosi ( X4 ) memiliki hubungan yang positif. Hubungan yang positif dapat ditunjukkan apabila variabel-variabel produk ( X1 ), harga ( X2 ), distribusi ( X3 ) dan promosi ( X4 ) secara simultan ditingkatkan maka Keputusan Konsumen dalam membeli sepeda motor merk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya ( Y ) akan meningkat, begitu pula sebaliknya. Sedangkan, R Square atau determinasi berganda menunjukkan nilai 0.467 atau 46.7 %. Hal ini menunjukkan besarnya pengaruh antara variabel produk ( X1 ), harga ( X2 ), distribusi ( X3 ) dan promosi ( X4 ) terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli sepeda motor merk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya. Koefisien Regresi variabel produk (X1) bertanda positif terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli sepeda motor merk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya (Y) dan signifikan karena mempunyai angka signifikan dibawah 0.05 yaitu sebesar 0.006. Koefisien Regresi variabel harga (X2) bertanda positif terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli sepeda motor merk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya (Y) dan tidak signifikan karena mempunyai angka signifikan di atas 0.05 yaitu sebesar 0.354. Koefisien Regresi variabel distribusi (X3) bertanda positif terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli sepeda motor merk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya (Y) dan signifikan karena mempunyai angka signifikan dibawah 0.05, yaitu sebesar 0.000. Koefisien Regresi variabel promosi (X4) bertanda negatif terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli sepeda motor merk Honda tipe Supra-X 125 cc di Surabaya (Y) dan tidak signifikan karena mempunyai angka signifikan di atas 0.05 yaitu sebesar 0.670. Variabel bebas yang dominan pengaruhnya adalah distribusi (X3) yaitu sebesar 0.444 atau 44.4 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Del 479 2009
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:02
Last Modified: 19 Oct 2022 03:02
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item