Pengaruh Pendekatan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. ASURANSI JIWA BUMI ASIH JAYA Cabang Surabaya

Yuliana, Yuliana (2008) Pengaruh Pendekatan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. ASURANSI JIWA BUMI ASIH JAYA Cabang Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI YULIANA (11104029)-10.pdf

Download (77kB)

Abstract

PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa juga tidak terlepas dari permasalahan rentannya pelanggan akibat tingginya persaingan. Agar perusahaan dapat terus bertahan dan berkembang, maka perusahaan tersebut perlu menjalin suatu hubungan baik dengan pelanggannya dengan menerapkan relationship marketing. Untuk membuktikan apakah relationship marketing yang diterapkan oleh PT. Asuransi Bumi Asih Jaya benar-benar berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing, yaitu financial benefits (X1 ), social benefits (X2), dan structural ties (X3 ) secara simultan terhadap loyalitas nasabah, serta mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Asuransi Bumi Asih Jaya di Surabaya. Berdasarkan hasil perhitungan uji F menunjukkan adanya pengaruh secara nyata antara variabel bebas dengan variabel terikat, terbukti dengan diperoleh Fhitung 21,362 > Ftabel pada df 3 sebesar 2,81 berarti ada pengaruh serempak antara variabel financial benefit (X1 ), sicial benefit (X2) dan stuctural ties (X3 ) terhadap loyalitas nasabah (Y). Nilai koefisien determinasi atau R Square (R2 ) sebesar 58,2% yang artinya ketiga variabel terbukti secara bersama- sama mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah. Secara parsial variabel social benefit berpengaruh dominan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan diperoleh 5,586 > 2,013 (Ttabel) sehingga Ho ditolak H1 diterima, dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan dari social benefit terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Yul 398 2008
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:52
Last Modified: 25 Oct 2022 06:52
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item