Analisis Strategi Pemasaran yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Roti Fran's di Surabaya

Terifosa, Terifosa (2000) Analisis Strategi Pemasaran yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Roti Fran's di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
175. TERIFOSA.pdf

Download (768kB)

Abstract

Putusan pembelian konsumen terhadap suatu produk maupun jasa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor yang berasal dari diri konsumen maupun oleh faktor yang berasal dari luar diri konsumen, Faktor-faktor yang umumnya mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk ataupun jasa adalah faktor harga, kualitas disamping juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Karena faktor-faktor tersebut mempunyai pengaruh yang penting bagi konsumen dalam memutuskan untuk membeli atau tidaknya suatu produk maupun jasa, maka perusahaan harus benar-benar memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan memuaskan konsumennya. Demikian pula dengan konsumen yang membeli dan mengkonsumsi produk roti dari perusahaan roti Fran's di Surabaya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata perilaku pembelian konsumen sebagian besar dipengaruhi oleh faktor-faktor atau variabel-variabel harga, kualitas. keanekaragaman bentuk roti dan saluran distribusi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R2 sebesar 0,6251 atau sebesar 62,51% perilaku konsumen dalam membeli produk roti Fran's di Surabaya dipengaruhi oleh variabel harga, kualitas, keanekaragaman bentuk roti dan saluran distribusi sedangkan sisanya sebesar 37,49010 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hubungan antara harga, kualitas, keanekaragaman bentuk roti dan saluran distribusi dengan perilaku konsumen dalam membeli produk roti Fran's di Surabaya adalah kuat. Ini ditunjukkan oleh nilai R sebesar 0,7906. Berdasarkan uji F diketahui bahwa keempat variabel bebas tersebut secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk roti Fran's di Surabaya. Ini dapat dilihat dari niJai F hitung = 35,426> Ftabel = 2,53. Disamping itu, dari basil uji t diketahui bahwa masing-masing variabel bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk roti Fran's di Surabaya. Ini dapat dilihat dari tbl = -4,557 < t tabel = -2,000 ; tb2 = 6,679; tb, = 5,885 dan tb" = 3,127 dimana nilai tb, tb, dan tb, > t tabel = 2,000. Berdasarkan basil analisis koefisien korelasi parsial diketahui bahwa variabel kualitas mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk roti Fran's di Surabaya dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,3442. Berdasarkan hal tersebut, maka pihak perusahaan harus lebih memperhatikan faktor kualitas produk yang dihasilkan dengan tidak mengesampingkan perhatian kepada ke tiga faktor yang lain karena faktor­ faktor inipun sedikit banyak ikut juga mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk dari perusahaan yang bersangkutan,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Ter 175 2000
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB3711-3840 Business cycles. Economic fluctuations
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:31
Last Modified: 04 Nov 2022 06:31
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item