Analisa Studi Komparatif Persepsi Konsumen Terhadap Karakteristik Produk Kartu Prabayar Telkom Flexi dan Star One Di Surabaya

Prasetyoso, Vicky (2006) Analisa Studi Komparatif Persepsi Konsumen Terhadap Karakteristik Produk Kartu Prabayar Telkom Flexi dan Star One Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
03 - ABSTRAK.pdf

Download (6kB)

Abstract

Seiring berkembangnya jaman, sekarang ini semakin banyak bermunculan terknologi yang semakin canggih. Hal ini mengakibatkan munculnya usaha-usaha yang menawarkan inovasi terbaru dengan harga yang kompetitif. Salah satunya adalah bidang telekomunikasi yang semakin canggih dengan teknologi CDMA yang memberikan kepuasaan bagi konsumen dalam kelancaran berkomunikasi. Saat ini Telkom Flexi dan Star One yang saling berebut pasar di Indonesia untuk menjadi yang terdepan. Mengetahui persepsi konsumen terhadap karakteristik produk kartu prabayar Telkom Flexi dan Star One sangat penting bagi perusahaan dan masyarakat lainnya untuk menentukan yang terbaik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa variabel, yaitu; Produk (X1), Program (X2), Tarif (X3), Kualitas Jaringan (X4), dan Pelayanan (X5). Penelitian ini menggunakan metode Chi Kuadrat dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Melalui hasil pengujian Chi Kuadrat dapat disimpulkan bahwa untuk variabel produk (X1) Telkom Flexi lebih baik dibandingkan Star One dengan nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 3.92, dan Chi tabel 3.841 (3.92 > 3.841). Untuk variabel program (X2) disimpulkan bahwa Telkom Flexi dan Star One mempunyai persepsi yang sama baiknya dengan nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 0.32, dan Chi tabel 3.841 (0.32 < 3.841). Untuk variabel tarif (X3) disimpulkan bahwa Star One mempunyai persepsi yang lebih baik dibandingkan Telkom Flexi dengan nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 8.82, dan Chi tabel 3.841 (8.82 > 3.841). Untuk variabel Kualitas Jaringan (X4) disimpulkan bahwa Telkom Flexi dan Star One mempunyai persepsi yang sama baiknya dengan nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 0.58, dan Chi tabel 3.841 (0.58 < 3.841). Untuk variabel Pelayanan (X5) disimpulkan bahwa Telkom Flexi mempunyai persepsi yang lebih baik dibandingkan Star One dengan nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 4.74, dan Chi tabel 3.841 (4.74 > 3.841). Jadi hipotesis yang diajukan tidak sepenuhnya terbukti, karena berdasarkan hasil penelitian ternyata Telkom Flexi mempunyai persepsi yang lebih baik hanya untuk variabel Produk, dan Pelayanan, sedangkan Star One lebih baik untuk variabel Tarif, dan keduanya mempunyai persepsi yang sama baiknya untuk variabel Program dan Kualitas Jaringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Pra 331 2006
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications > HE9713-9715 Cellular telephone serv ices industry. Wireless telephone industry
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:40
Last Modified: 07 Nov 2022 04:40
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2768

Actions (login required)

View Item View Item