Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon SIN LAN Di Surabaya

Theresia, Siska (2007) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon SIN LAN Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)

Abstract

Salon merupakan salah satu bidang bisnis yang dominan akan aspek gaya hidup, baik itu salon perawatan dan kecantikan untuk rambut, wajah dan tubuh. Mengingat penampilan dapat menciptakan kepercayaan diri maka sudah terbukti dapat meningkatkan kinerja dari seorang individu. Usaha salon harus mempunyai kemampuan untuk menghadapi lingkungan yang serba dinamis dengan lebih berorientasi pada pelanggan dimana selera pelanggan yang berubah dari waktu ke waktu. Untuk itu usaha salon dituntut untuk selalu berusaha melakukan peningkatan kualitas layanan kepada para pelanggan, misalnya para karyawan bersikap sopan dan ramah terhadap setiap konsumen yang datang, karyawan cepat tanggap dalam melayani para pelanggan dan karyawan berusaha mengenal setiap pelanggan yang diharapkan dapat memuaskan pelanggan. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dapat diukur dari berbagai variabel yaitu tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance(X4), dan empathy (X5). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dengan responden 100 orang. Melalui hasil penelitian regresi linier berganda untuk uji simultan (Uji F) dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan Fhitung ( 32,649) > Ftabel (2,31) pada tingkat sig ( 0,00) < level of significant (0,05). Dalam hubungan secara simultan ini dihasilkan koefisien determinasi (R2) sebesar 63,5%. Sedangkan sisanya sebesar 36,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Pengujian parsial menggunakan uji t menunjukkan adanya pengaruh kualitas layanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dengan kepuasan pelanggan, terbukti dengan thitung yang dihasilan dari masing –masing variabel tangible sebesar 3,613; sedangkan variabel reliability sebesar 4,080; sedangkan variabel responsiveness sebesar 3,716; sedangkan varabel assurance sebesar 4,267 dan variabel emphaty sebesar 2,012 yang kesemuanya lebih besar dari ttabel sebesar 1,986. Melalui hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kelima variabel secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sehingga hipotesis yang pertama terbukti. Sedangkan untuk hipotesis yang kedua juga terbukti karena menunjukkan bahwa kelima variabel secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO The 370 2007
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5387-5387.5 Business ethics
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5735-5746 Business records management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:01
Last Modified: 08 Nov 2022 04:01
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item