Pengaruh Harga Pelayanan dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan "BB" di Surabaya

Tjitro, Liliani (2002) Pengaruh Harga Pelayanan dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan "BB" di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
213. LILIANI TJITRO.pdf

Download (535kB)

Abstract

Dewasa ini pertumbuhan ekonomi semakin berkembang, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang makanan, Dalam hal ini, para produsen menghadapi persaingan yang ketat dimana produsen ingin bersaing memuaskan kebutuhan konsumen dengan cara memberikan pelayanan dan kualitas yang baik serta memberikan harga yang sewajarnya. Rumah makan "BB" merupakan salah satu bentuk usaha yang bergerak di bidang makanan, yaitu bakwan. Untuk itu, pihak Rumah Makan "BB" harus benar-benar memperhatikan faktor-faktor yang ada yaitu pelayanan yang diberikan harus cukup baik. Di samping itu, faktor kualitas dan harga juga sangat berperan penting di dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Untuk membuktikan apakah harga, pelayanan, dan kualitas berpengaruh terhadap Kepuasan konsumen pada Rumah Makan "BB", maka digunakan Mean (rata-rata hitung), standar deviasi, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi linear, analisis determinasi berganda, uji t, dan uji F. Uji statistik regresi berganda dengan uji F digunakan untuk Mengetahui pengaruh seluruh variabel X terhadap variabel Y, sedangkan uji t ini digunakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat dilihat bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara variabel harga, pelayan, dan kualitas dengan kepuasan konsumen, yaitu dengan nilai R sebesar 0,936. Selain itu, variabel harga, pelayanan, dan kualitas juga berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 87,6% dengan F hitung (202,878} > F tabel (2,714). Dengan demikian faktor yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah faktor kualitas, yaitu dengan nilai t hitung sebesar 8,201.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Tji 213 2002
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:54
Last Modified: 10 Nov 2022 07:54
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item