Motif Konsumen Melakukan Modifikasi Mobil Dalam Rangka Mengikuti Kontes Di Surabaya

Ongels, Maurits (2007) Motif Konsumen Melakukan Modifikasi Mobil Dalam Rangka Mengikuti Kontes Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
338. MAURITS ONGELS.pdf

Download (76kB)

Abstract

Modifikasi mobil merupakan salah satu fenomena yang timbul akibat dari perkembangan otomotif dalam negeri. Sehingga berkelanjutan dengan banyaknya usaha yang dibuka untuk melayani aktıvitas modıfikasi dalam negeri. Di Surabaya sendiri sangat banyak yang sudalı larut dalam atmosfer modifikasi mobil. Mereka tıdak hanya melakukan modifikasi untuk kepentingan personal namun ada pula yang memodifikasi mobil untuk kepentingan club yang telah dibentuk. Aliran dalam modifikasi yang dianut juga berbeda–beda sesuai keinginan pemiliknya. Rata—rata modifikator masa kini tidak hanya memodifikasi mobil dari segi eksterior saja tetapi juga dari semua bagían mobil dan yang terpenting dari itu adalah faktor kenyamanan daripada mobil yang sudah dimodifikasi tersebut. Hanya saja untuk beberapa tertentu, mereka rela mobil dimodífikasi hanya untuk tujuan kontes dan biasanya mereka menyukai aliran extreme. Meskípun tidak dapat díkendarai tetapi unsur extreme biasanya menjadi suatu nilai plus dalam suatu kontes. Kontes—kontes mobil yang ada di Surabaya bahkan di seluruh Indonesia lahir karena melíhat perkembangan yang begitu pesat dari pemodifikator dalam negeri yang begitu respon akan ajang ini. Kontes modifikasi bukan hanya sebagai tempat berkumpul modifikator dalam negeri dan tempat bertanding para pemodifikator sejati tetapi juga merupakan suatu tempat dimana kita dapat mengerti dan mengembangkan imajinasi kita mengenai perkembangan dunia modifikasi khususnya otomotif. Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan proses wawancara untuk mencari tahu lebíh dalam alasan seseorang memodifikasi mobil dalam rangka mengikuti kontes di Surabaya. Ada beberapa langkah yang digunakan, antara lain : tahap pertama yaitu open coding. tahap kedua adalah axial coding dan tahap ketiga adalah selective coding. Salah satu hasil yang didapatkan dan penelitian ini adalah dalam memodifikasi mobil, biaya tidaklah penting dibandingkan dengan penghargaan, kebanggaan dan kepuasan yang didapatkan apalagi dapat memenangkan throphy pada suatu ajang seperti kontes modifîkasi mobil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Ong 338 2007
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB238-251 Competition. Production. Wealth
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 11 Nov 2022 05:09
Last Modified: 11 Nov 2022 05:09
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item