Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Pada Hotel MALINDA INDAH Tulungagung

Sanjaya, Edy (2005) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Pada Hotel MALINDA INDAH Tulungagung. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
294 EDY SANJAYA.pdf

Download (91kB)

Abstract

Dewasa ini banyak perusahaan melakukan berbagai pengembangan baik didalam maupun diluar perusahaan. Salah satu pengembangan didalam perusahaan antam lain dengan meningkatkan kinerja karyawan, namun terkadang perusahaan tidak menyadari bahwa banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Hal ini pun berlaku pula pada Hotel Malinda Indah Tulungagung. Kepuasan kerja memegang peranan yang penting didalam karyawan bekerja pada suatu perusahaan atau organisasi. Apabila di dalam melakukan suatu pekerjaan, adanya kepuasan kerja maka akan menimbulkan rasa puas bagi karyawan tersebut. Hotel Melinda Indah merupakan hotel melati yang terletak di Jl. Jayeng Kusumo No. 4 Tulungagung. Mempunyai karyawan sebanyak 20 orang, peneliti ingin mengetahui faktor yang menimbulkan kepuasan kerja karyawan. Dalam hal ini penulis menggunakan Hotel Malinda Indah sebagai obyek penelitiannya. Dengan variabel bebasnya hubungan antar karyawan, sarana dan fasilitas kerja, faktor luar dan variabel tidak bebasnya adalah kepuasan kerja. Penetitiaa dilakukan terhadap karyawan Hotel Malinda Indah Tulungagung dalam bentuk kuisioner dengan 20 responden. Skala jawaban untuk menilai variabel pengaruh hubungan antar karywan, sarana dan fasilitas kerja, faktor luar dengan menggunakan skala likert dengan nilai 1-5. Uji statistik regresi linier berganda dengan uji F untuk mengetahui pengaruh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat, dan uji T yaitu untuk mengetahui secara parsial hubungan masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Tingkat signifikan yang digunakan 0,05 (5%). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh simultan variabel bebas : hubungan antar karyawan, sarana dan fasilitas, faktor luar terhadap kepuasan kerja dengan nilai Fhitung (8,917) > Ftabel (3,24). Secara parsial hubungan antar karyawan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja dengan Thitung (1,302) < Ttabel (2,120). Untuk sarana dan fasilitas kerja mempunyai penganıh yang signifikan terhadap kepuasan kerja dengan Thitung (2,396) > Ttabel (2,120). Sedangkan faktor luar tidak berpengaruh secara signifıkan terhadap kepuasan kerja dengan Thitung (1,058) < Ttabel (2,120). Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa faktor sarana dan fasilitas kerja mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan kerja. Dengan demikian kepuasan kerja terci pta oleh salah satu faktor dari ketiga faktor yang ada, yaitu sarana dan fasilitas kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO San 294 2005
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:43
Last Modified: 15 Nov 2022 02:43
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2843

Actions (login required)

View Item View Item