Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen pada Hotel Bisanta Surabaya

Ekasaputra, Dicky Yuwono (2002) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen pada Hotel Bisanta Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
223. DICKY YUWONO EKASAPUTRA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Seiring dengan semakin membaiknya kondisi politik perekonomian Indonesia, maka sedikit banyak ikut berpengaruh terhadap peningkatan bidang usaha di sektor jasa pariwisata. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya hotel-hotel baru yang bermunculan untuk bersaing dengan hotel yang sudah ada. Sehingga dibutuhkan suatu strategi pemasaran yang tepat untuk menarik pelanggan. Seringkali kita ketahui bahwa terdapat banyak hal yang sangat penting dalam mempengaruhi tingkat hunian dari suatu hotel, antara lain harga, pelayanan, fasilitas, dan lokasi. Hotel Bisanta merupakan hotel melati yang terletak di Tegalsari 85 Surabaya, Hotel Bisanta ini masih bagian dari YKKBI (Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia). Dalam hal ini penulis menggunakan Hotel Bisanta sebagai objek penelitiannya. Dengan Variabel bebasnya harga, pelayanan, fasilitas, lokasi dan variabel tidak bebasnya adalah kepuasan konsumen. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis maka diketahui besarnya Koefisien Determinasi (R) sebesar 77,30 %, hal ini berarti pengaruh keempat variabel bebas terhadap variabel tidak bebas sebesar 77,30 % sedangkan sisanya sebesar 22,70 % disebabkan oleh faktor-faktor lain. Dalam pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F diketahui besarnya F hitung sebesar 34,147 dan F tabel sebesar 2,606. karena f hitung > F tabel dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap tingkat hunian di Hotel Bisanta. Sedangkan dalam uji T diketahui besarnya T hitung untuk variabel harga sebesar -2,527 dan T tabel sebesar -2,021. Karena T hitung<- Ttabel maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas. T hitung untuk variabel pelayanan sebesar 3,644 dan T tabel 2,021. karena T hitung >T tabel maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas. T hitung untuk variabel fasilitas sebesar 3,016 dan T tabel 2,021. karena T hitung >T tabel maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas. T hitung untuk variabel lokasi sebesar 3,146 dan T tabel 2,021. karena T hitung >T tabel maka terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa harga sewa kamar di Hotel Bisanta cukup murah walaupun lebih mahal dibanding hotel-hotel lain yang setingkat, fasilitas dari Hotel Bisanta sudah cukup lengkap karena sudah tidak seperti hotel kelas melati lagi, pelayanan dari Hotel Bisanta cukup baik karena perhatian, keramahaan dari pihak hotel berikan kepada para tamu, lokasi dari Hotel Bisanta sudah cukup strategis karena terletak dipusat kota dan dekat dengan sarana yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Eka 223 2002
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares > HB535-551 Interes
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB535-551 Interes
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:14
Last Modified: 15 Nov 2022 03:14
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item