Analisis Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Penentu Harga Jual yang Mempengaruhi Volume Penjualan Karet Pada PT. Pabrik Bintang di Mojokerto

Susanto, Evi (2002) Analisis Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Penentu Harga Jual yang Mempengaruhi Volume Penjualan Karet Pada PT. Pabrik Bintang di Mojokerto. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
225. EVI SUSANTO.pdf

Download (81kB)

Abstract

Dewasa ini dalam menghadapi situasi persaingan usaha yang ketat dan kondisi perekonomian negara kita yang kurang stabil. Perusahaan perlu berhati-hati dalam memutuskan kebijakan penentuan harga jualnya, karena merupakan salah satu faktor yang berperan dalam mempengaruhi volume penjualan perusahaan. PT. Pabrik Bintang yang bergerak dalam bidang pengolahan karet, akhir­-akhir ini mengalami penurunan pada volume penjualannya. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti pada faktor-faktor yang menentukan harga jual perusahaan apakah mempengaruhi volume penjualan pada PT. Pabrik Bintang di Mojokerto. Adapun faktor-faktor yang dianalisa dibatasi dan dibagi menjadi : faktor-faktor internal penentu harga jual (jumlahnya ditentukan oleh PT. Pabrik Bintang) yaitu biaya produksi dan biaya distribusi, serta faktor-faktor ekstenal penentu harga jual (jumlahnya tidak ditentukan PT. Pabrik Bintang) yaitu harga jual rata-rata para pesaing dan harga beli bahan baku / karet mentah yang dipasok dari pemerintah. Berdasarkan hasil analisis statistik regresi linier berganda dengan uji-F dihasilkan bahwa faktor internal (biaya produksi, biaya distribusi) dan faktor ekstenal (harga jual rata-rata para pesaing, harga beli bahan baku / karet mentah yang dipasok dari pemerintah) memiliki pengaruh secara simultan terhadap volume penjualan pada PT. Pabrik Bintang. Sedangkan dengan uji-t dihasilkan bahwa faktor internal (biaya produksi, biaya distribusi) dan faktor eksternal (harga jual rata­-rata pesaing, harga beli bahan baku/karet mentah yang dipasok dari pemerintah) berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan pada PT. Pabrik Bintang. Berdasarkan hal-hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor penentu harga jual baik internal maupun eksternal memiliki pengaruh terhadap volume penjualan, sehingga disarankan agar perusahaan memperhatikan dan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum mengambil keputusan penetapan harga jualnya dan diharapkan dapat mengambil kebijakan yang tepat dalam usaha peningkatan volume penjualan pada PT. Pabrik Bintang di Mojokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sus 225 2002
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB238-251 Competition. Production. Wealth
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:07
Last Modified: 15 Nov 2022 04:07
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item