Arieanto, Sonny (2003) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Mutu Pelayanan Party Organizer di Nirwana Enterpries Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
245. SONNY ARIEANTO.pdf Download (84kB) |
Abstract
Dewasa ini perekonomian di Indonesia sangat berkembang dengan cepat, perkembangan ini terbukti dengan semakin meningkatnya pola konsumsi oleh masyarakat dari tahun ke tahun. Masyarakat tidak hanya terpaku untuk membelanjakan/menggunakan uangnya untuk barang saja tapi juga terhadap kebutuhan-kebutuhan lainnya khususnya di bidang jasa. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan konsumen di bidang jasa, secara tidak langsung akan membawa perubahan yang positif di dalam pangsa pasar di bidang jasa itu sendiri. Begitu pula hal yang dihadapi oleh Nirwana Enterprises yang mempunyai aktivitas sehari-harinya di bidang pelayanan jasa. Nirwana Enterprises adalah suatu party organizer yang bergerak di bidang penyelenggaraan pesta, mulai dari pemesanan tempat, acara, dekorasi, sound and lighting,invitation dan special effect. Banyaknya pesaing-pesaing yang saling bermunculan dan bersaing ketat untuk saling memperebutkan calon konsumen dengan jumlah yang terbatas, Nirwana Enterprises menerapkan berbagai strategi pemasaran tanpa mengesampingkan perilaku konsumen yang dirasa saat ini sangat bervariasi. Hal ini dirasakan penting karena party organizer ini merupakan jasa yang lebih mengutamakan pada mutu pelayanan yang baik khususnya pada variabel kesopanan, kreativitas dan keprofesionalisme yang tinggi. Untuk menganalisa sejauh mana variabel kesopanan, kreativitas dan profesionalisme mempengaruhi konsumen terhadap mutu pelayanan di dalam memilih party organizer Nirwana Enterprises, maka penulis melakukan penyebaran kuesioner kepada 80 responden, khususnya responden yang telah menggunakan jasa party organizer Nirwana Enterprises, yang kemudian diolah dengan teori dan metode pengujian yang relevan dan berkaitan dengan pokok permasalahan. Dari hasil kuesioner tersebut didapatkan hasil bahwa hipotesis pertama yang diajukan penulis tidak terbukti, dimana variabel kesopanan memiliki nilai t hitung sebesar 2,033 yang lebih kecil dibandingkan dengan variabel kreatifitas yang memiliki nilai t hitung sebesar 2,923. Sedangkan variabel kesopanan, kreatifitas dan profesionalisme mempunyai pengaruh yang signifikan dengan kepuasan konsumen terhadap mutu pelayanan party organizer di Nirwana Enterprises, Surabaya. Sehingga hipotesis kedua yang diajukan oleh penuJis terbukti kebenarannya, hal ini dapat dilihat pada uji F dimana F hitung > F tabel sebesar 6,578>2,75.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.EKO Ari 245 2002 |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares > HB535-551 Interes H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB535-551 Interes |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:36 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 07:36 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2878 |
Actions (login required)
View Item |