Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Merk Yamaha di PT. Rodasakti Suryaraya Malang

Sari, Dwi Putri Kartika (2004) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Merk Yamaha di PT. Rodasakti Suryaraya Malang. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
269. DWI PUTRI KARTIKA SARI.pdf

Download (95kB)

Abstract

Persaingan bisnis sepeda motor yang kian marak mendorong agar para pengusaha lebih memahami perilaku konsumennya, terutama berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Ada 4 (empat) faktor utama yang menjadi kajian penelitian ini yang dianggap sangat erat hubungannya dengan keputusan pembelian konsumen. Maka dengan ini penulis mengambil tempat survey Di. PT RODASAKTI SURYARAYA Malang yang merupakan milik dari perusahaan PT. Rodasakti Suryaraya yang bergerak dibidang penyalur utama sepeda motor Merk YAMARA, yang bertempat di Jln. Basuki Rachmat no 40-42. Dari permasalahan diatas maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut : Apakah factor Harga, Kualitas produk, Pelayanan, Promosi mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Merk Yamaha Di PT Rodasakti Suryaraya Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan Harga, Kualitas produk, Pelayanan, Promosi mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Merk Yamaha. Adapun variabel yang diteliti adalah variabel bebas (X) yaitu : Barga, Kualitas produk, Pelayanan, Promosi dan variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian. Untuk itu digunakan pengujian Hipotesis kerja dengan menggunakan Analisis Linier Berganda yaitu Uji F dan Uji T. Dari keempat variabel tersebut, Harga yang dominan tetapi dalam analisis tersebut ternyata yang mempengaruhi adalah Kualitas produk yang mempunyai pengaruh paling dominan. Dari perhitungan Regresi dihasilkan : Y=-0,294 -\-0,295 (X1) +- 0,420 (X2) + 0,211 (X3) + 0,128 (X4). Dari perhitungan Korelasi dihasilkan r = 0,901 yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif yang kuat autara varia bel bebas (X1, X2, X3, X4) terdapat keputusan pembelian (Y). Dengan menggunakan analisa uji t dapat disimpulkan bahwa harga (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan membeli (Y) dengan nilai thitung 5,650 > ttabel 1,9873. Variabel Kualitas produk (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan membeli (Y) dengan nilai thitung 8,626 > ttabel 1,9873. Variabel Peiayanan (X3) berpengaruh positif terhadap keputusan membeli (Y) Mogan nilai thitung 3,424 > ttabel 1,9873. Variabel Promosi (X4) berpengaruh positif terhadap keputusan membeli (Y) dengan nilai thitung 2,372 > ttabel 1,9873. Dengan menggunakan analisis uji F dapat disimpulkan bahwa harga (X1), Kualitas produk (X2), Pelayanan (X3), Promosi (X4) secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini dinyatakan dengan Fhitung (94,971) > Ftabel (2,48). Ini berarti masing-masing H0 ditolak dan Hi diterima. Ini membuktikan hipotesis yang diajukan penulis benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sar 269 2004
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:04
Last Modified: 25 Nov 2022 02:04
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item