Penerapan Programa Dinamis untuk Penentuan Kombinasi Tenaga Penjualan yang Optimal Pada Perusahaan Surat Kabar “X” Di Surabaya

Rismawati, Novy Eka (1999) Penerapan Programa Dinamis untuk Penentuan Kombinasi Tenaga Penjualan yang Optimal Pada Perusahaan Surat Kabar “X” Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
161. NOVY EKA RISMAWATI.pdf

Download (116kB)

Abstract

Media masa atau surat kabar saat ini merupakan salah satu kebutuhan masyarakat secara umum, dari lapisan bawah sampai ekonomi yang tinggi. Di samping fungsi utama sebagai sarana penyampaian berita dalam dan luar negeri, surat kabar juga merupakan sarana promosi untuk memperoleh konsumen bagi perusahaan, pedagang. dan lain-lain, serta sebaliknya merupakan informasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan berkembangnya tehnologi, pembuatan surat kabar bukan menjadi masalah, penataan format tampilan sudah demikian mudah dibuat, format huruf telah dapat dicetak secara rapi. Masalah pokok bagi perusahaan surat kabar adalah bagaimana dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan/ pelanggan potensial untuk dapat memperoleh informasi di surat kabar di samping terpenuhinya target penjualan perusahaan. Perusahaan Surat Kabar “X” di Surabaya telah berkembang dan telah menguasai pemasaran di berbagai wilayah Indonesia, 60% pangsa pasar ada di tiga daerah pemasaran utama, yaitu : Surabaya, Malang, dan Jember. Perusahaan tersebut memiliki masalah pengaturan jumlah tenaga penjualan yang dapat beroperasi secara optimal, untuk dapat memenuhi target penjualan dengan biaya yang minimal. Untuk hal tersebut, penulis mencari ramalan penjualan dengan methode least square, setelah itu dicari jumlah kebutuhan tenaga penjualan dengan metode potensi penjualan (memperhatikan produktifitas dan labour turnover), serta untuk penentuan kombinasi tenaga penjualan digunakan metode Programa Dinamis. Penerapan Programa Dinamis digunakan untuk menentukan kombinasi tenaga penjualan di tiga daerah pemasaran utama yaitu di Surabaya, Malang, dan Jember. Melalui programa dinamis ini jumlah tenaga penjualan dialokasikan ke masing-masing daerah pemasaran untuk mencapai hasil yang optimal yaitu biaya operasional tenaga penjualan yang minimal bagi perusahaan Surat Kabar “X”. Hasil penelitian yang diperoleh untuk dapat benar-benar diketahui kebutuhan tenaga penjualan secafa Optimal pada suatu daerah pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Ris 161 1999
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > TS Manufactures > TS1-2301 Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 09 Dec 2022 08:11
Last Modified: 09 Dec 2022 08:11
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item