Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Mobile Learning

Darmanto, Darmanto and Hari, Yulius and Hermawan, Budi (2015) Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Mobile Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 4 (1). pp. 1-6. ISSN P-ISSN : 2089-8673 E-ISSN : 2548-4265

[img] Text (SIMILARITY)
TURNITIN RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN BERBASIS MOBILE LEARNING (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text (PEER REVIEW-DARMANTO)
PR-RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN BERBASIS MOBILE LEARNING.pdf

Download (134kB)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati...

Abstract

Bahasa Mandarin sebagai salah satu mata pelajaran asing dari kelompok peminatan bahasa pada kurikulum 2013 tingkat SLTA. Pada umumnya, media pembelajarannya menggunakan buku pelajaran dan latihan soal untuk siswa. Melalui buku dan pembelajaran tatap muka langsung, relatif kurang menarik serta membuat siswa cepat jenuh. Mengingat kosakata bahasa Mandarin banyak memperhatikan nada dan pelafalan, sebagaimana Hànyǔ pīnyīn. Media cetak, tidak mampu mengakomodasi pembelajaran Hànyǔ pīnyīn dengan benar. Informasi hànyǔ pīnyīn pada buku dapat dipersepsikan berbeda oleh siswa mengenai lafal dan pengucapnya. Untuk menjembatani perbedaan persepsi tersebut, dilakukan penelitian dengan mengakomodasi media pembelajaran berbasis mobile learning (m-learning), sehingga gap antara informasi pada buku dengan presepsi siswa dapat direduksi, sekaligus menyediakan konten yang lebih interaktif. Tujuan penelitian, menghasilkan model aplikasi sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin berbasis mobile. Tambahan kode batang bertipe QR-Code yang disisipkan pada sampel buku bahasa Mandarin, sebagai media perantara antara mobile phone dengan web. Melalui proses scan kode yang termuat didalamnya dengan piranti mobile, selanjutnya akan dikirimkan informasi balik kepiranti mobile siswa, berupa teks, animasi, audio-video pembelajaran yang memperjelas materinya. Model aplikasi m-learning dikembangkan melalui metode System development Life Cycle, dengan tahapan perencanaan, analisa, disain, implementasi serta edukasi bagi pengguna. Luaran penelitian ini berupa piranti sistem m-learning, yang dapat dijadikan sebagai media alternatif belajar siswa diluar kelas dan memberikan kemudahan belajar bahasa Mandarin secara mobile.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, Foreign Language Learning, Education Learning System
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: HROD
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:36
Last Modified: 15 Mar 2024 03:06
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item