PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BELANJA ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE SURABAYA

Winata, Imelda Sharon (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BELANJA ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Cover Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan zaman mempengaruhi perkembangan teknologi pula. Teknologi tidak hanya digunakan oleh kalangan profesional melainkan semua masyarakat memiliki gawai mereka masing-masing. Teknologi yang semakin maju ini jugalah yang membantu kemudahan dalam segala sesuatu, termasuk berbelanja. Maraknya perkembangan online marketplace di Indonesia, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, BliBli, OLX, dan juga Shopee telah memberi kemudahan bagi banyak orang. Adanya online marketplace ini telah membawa banyak perubahan, yang paling umum adalah bagaimana keberadaan online marketplace ini memberikan wadah bagi banyak toko lama maupun pengusahan kecil yang baru mau memulai bisnis mereka dapat membuat toko online di marketplace itu, memberikan mereka kesempatan untuk membuka bisnis tanpa modal yang besar. Di balik sisi positif ini tentu terdapat sisi negatif dari berkembangnya marketplace ini. Dalam penelitian ini, peneliti mencari pengaruh dari kepercayaan, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan belanja online di marketplace Shopee Surabaya. Penelitian ini memiliki masa periode 2023 sampai 2024 dengan mengambil populasi semua orang Surabaya dan sampel sebanyak 78 orang. Penelitian ini memakai metode kuantitatif kausalitas, dan hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan secara bersama-sama kepercayan, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan belanja online di marketplace Shopee Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO 010 Win 2024
Uncontrolled Keywords: online marketplace, kepercayaan, harga, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 14 Jan 2025 08:01
Last Modified: 14 Jan 2025 08:01
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item