Kajian Persepsi Konsumen Terhadap E-money Sebagai Alat Pembayaran Di Surabaya

Lewerissa, Roynaldo (2018) Kajian Persepsi Konsumen Terhadap E-money Sebagai Alat Pembayaran Di Surabaya. Skripsi thesis, Univesitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi memberi dampak terhadap munculnya inovasi-inovasi baru dalam pembayaran elektronis (electronic payment). Dewasa, ini kemajuan teknologi secara bertahap mulai mampu menggeser uang tunai sebagai alat pembayaran ke dalam pembayaran non tunai yang lebih efektif dan efisien. Maka kemudian, di era moderen muncullah emoney atau uang elektonik. Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (storedvalue) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Di dalam penelitian ini, prosedur penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan proses wawancara kepada 12 narasumber yang sudah menggunakan e-money dan yang belum menggunakn e-money agar mencapai jawaban yang lebih mendalam. Langkah yang digunakan yaitu open coding dimana peneliti menganalisis teks dan kemudian meringkasnya dengan member label berupa kode. Analisis yang dilakukan adalah persepsi kemudahan penggunaan, kemanfaatan, harga dan promosi. Hasil yang di peroleh penulis dalam penelitian ini adalah persepsi konsumen terhadap e-money sebagai alat pembayaran ditinjau dari kemudahan pengguna, kemanfaatan, harga, dan promosi termasuk baik. Namun masi perlu di tingkatkan kinerja petugas yang melayani e-money kususnya dijalan toll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Lew 289 2018
Uncontrolled Keywords: Kajian, Persepsi, Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 02 May 2018 04:06
Last Modified: 02 May 2018 04:06
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item