Pendekatan Teori COST-VOLUME-PROFIT untuk Peramalan Volume Penjualan agar Mendapatkan Laba Maksimal pada PT. HM SAMPOERNA TBK.

Djaja, Alvin (2015) Pendekatan Teori COST-VOLUME-PROFIT untuk Peramalan Volume Penjualan agar Mendapatkan Laba Maksimal pada PT. HM SAMPOERNA TBK. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Peramalan adalah suatu alat yang dapat digunakan sebagai acuan untuk perencanaan. Perencanaan sendiri adalah salah satu fungsi manajemen yang paling penting dimana dalam memulai segala aktivitas perusahaan harus memiliki perencanaan yang baik agar tidak mengalami kerugian. Salah satu perusahaan yang memiliki nama yang besar di Indonesia adalah perusahaan rokok PT. HM Sampoerna Tbk. Peramalan dapat dilakukan bagi perusahaan yang melakukan produksi dan penjualan seperti PT. HM Sampoerna Tbk. adalah peramalan volume penjualan yang akan terjadi di waktu yang akan datang untuk dimanfaatkan sebagai acuan untuk menentukan harga jual yang harus ditetapkan untuk dapat memperoleh laba maksimal. Teori yang dapat digunakan untuk melakukan peramalan volume penjualan adalah teori Cost-Volume-Price dimana akan dilakukan peramalan time series untuk mengetahui perkiraan biaya-biaya dan penjualan yang akan terjadi di periode ke depan. Dalam teori Cost-Volume-Profit pertama-tama akan dilakukan klasifikasi biaya-biaya perusahaan PT. HM Sampoerna Tbk., kemudian melakukan peramalan time series untuk biaya variable dan biaya tetap. Langkah selanjutnya adalah melakukan peramalan time series untuk penjualan, volume penjualan, dan harga jual. Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mulai melakukan teori Cost-Volume-Profit dimana akan dihitung Contribution Margin Ratio, Operating Leverage, Break Even Point, dan Margin of Safety Perusahaan. Terakhir akan dilakukan pemanfaatan teori Cost-Volume-Profit yaitu analisis target laba untuk mengetahui target penjualan yang harus dicapai oleh perusahaan agar memperoleh target laba. Kemudian dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan PT. HM Sampoerna Tbk akan terus mengalami keuntungan dalam 5 periode ke depan. Meskipun rata-rata biaya yang dialami mengalami kenaikan sebanyak 11,77% untuk 5 tahun ke depan tetapi rata-rata penjualan PT. HM Sampoerna Tbk 5 tahun ke depan naik lebih tinggi yaitu 14,79% dan tentunya mengalami keuntungan yang semakin bertambah setiap tahunnya dengan rata-rata 24,85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Dja 195 2015
Uncontrolled Keywords: Peramalan, Cost-Volume-Profit, Laba, Biaya
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:12
Last Modified: 23 Aug 2018 02:05
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item