Pengaruh PROMOTION MIX dan WORD OF MOUTH Terhadap LOoyalitas Pelanggan THE BARISTA CAFÉ di Surabaya

Meliawati, Diah (2015) Pengaruh PROMOTION MIX dan WORD OF MOUTH Terhadap LOoyalitas Pelanggan THE BARISTA CAFÉ di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

The Barista Coffee and Tea House adalah sebuah kafe yang sedang dalam masa berkembang. Sebuah perusahaan atau usaha yang sedang dalam masa berkembang pasti sedang gencar melakukan sistem promosi. Melihat hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Promotion Mix dan Word of Mouth terhadap Loyalitas Pelanggan The Barista Café di Surabaya dan variabel mana yang pengaruhnya lebih dominan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang responden dengan menggunakan accidental sampling (teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data) sedangkan analisis yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, determinasi berganda, uji dominan dan pengujian hipotesis. Hipotesis penulis yang menduga bahwa variabel bebas (X), yang terdiri dari Periklanan (X1), Promosi Penjualan (X2), Publisitas (X3), Word of Mouth (X4), berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) di The Barista Cafe terbukti. Hipotesis kedua yang menduga bahwa variabel bebas (X) berpengaruh secara parsial adalah terbukti. Dan hipotesis ketiga yang menduga bahwa variabel promosi penjualan adalah variabel yang berpengaruh paling dominan ternyata tidak terbukti. Dari hasil yang penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, hasil dari Uji Validitas adalah valid, dan terbukti reliabel pada Uji Reabilitas. Dari Analisa Regresi Linear Berganda telah didapatkan permodelan yaitu Y = 0,880 + 0,206 X1 - 0,062 X2 + 0,026 X3 + 0,611 X4. Dari Koefisien Determinasi Berganda (R2) didapatkan hasil yaitu 27,72%. Dari Uji F (Uji Simultan) didapatkan hasil yaitu F hitung (4,318) > F tabel (2,58) sehingga dapat dikatakan bahwa keempat variable independen secara simultan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan The Barista Café Surabaya. Dari hasil Uji t (Uji Parsial) didapatkan hasil yaitu variabel Periklanan (X1) dengan t hitung 1,206 < t tabel 2,014, Promosi Penjualan (X2) sebesar t hitung (-0,374) < t tabel 2,014, Publisitas (X3) sebesar t hitung (0,143) < t tabel 2,014, dan Word of Mouth(X4) sebesar t hitung (3,074) > t tabel 2,014. Dari keempat hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variable Word of Mouth (X4) memiliki pengaruh yang paling dominan dibandingkan dengan variable lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Mel 208 2015
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, Word of Mouth, dan Loyalitas Pelanggan.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:32
Last Modified: 23 Aug 2018 01:37
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item