Maharani, Fiana Puja (2019) Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pada Laurent Body Wash di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (94kB) |
Abstract
Sandang, pangan, dan papan merupakan kebutuhan pokok manusia. Di era modern ini kebutuhan tidak hanya sekedar kebutuhan pokok melainkan juga sebagai kebutuhan gaya hidup manusia untuk menunjukkan kelas sosial bagi penggunanya. Semakin berkembangnya dunia kosmetik, kosmetik tidak hanya meliputi tentang riasan wajah tetapi juga berkembang menjadi perawatan tubuh, seperti sabun mandi, sampo, pasta gigi, lulur mandi dan sebagainya. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen termasuk perusahaan kosmetik. Namun untuk membedakan produk barang tersebut dengan produk lain yang sejenis harus dengan menciptakan citra merek mempunyai nilai tinggi, positif, dan menarik minat beli konsumen. Dengan memberikan citra merek yang tinggi dan positif tentunya diharapkan akan menimbulkan perasaan puas bagi konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk tersebut. Sehingga dengan adanya kepuasan diharapkan akan mampu menciptakan sikap loyal konsumen terhadap sebuah merek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah citra merek dapat mempengaruhi loyalitas melalui kepuasna konsumen pada perusahaan kosmetik. Obyek dari penelitian ini adalah konsumen laurent body wash yang mengetahui dan pernah menggunakan laurent body wash. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan metode nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan AMOS 22.0 for windows untuk mengetahui pengaruh variabel citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen pada laurent body wash. Dari hasil dan analisis diketahui bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai probability sebesar 0.001 dan critical ratio sebesar 8.208, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai probability sebesar 0.001 dan critical ratio sebesar 5.749, dan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai probability sebesar 0.473 dan critical ratio sebesar 0.717. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, dan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.EKO Mah 320 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Kepuasan Konsumen, Loyalitas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 02:51 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:51 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/796 |
Actions (login required)
View Item |