Analisis Pengaruh Tempat Parkir, Jarak Penglihatan Dan Peritel Yang Berdampingan Terhadap Kesuksesan Bisnis Toko Spare Part Dan Variasi Motor Di Surabaya

Gunawan, Adrianus Maria Chandra (2013) Analisis Pengaruh Tempat Parkir, Jarak Penglihatan Dan Peritel Yang Berdampingan Terhadap Kesuksesan Bisnis Toko Spare Part Dan Variasi Motor Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)

Abstract

Dengan adanya persaingan yang ketat dalam usaha retail, peritel harus sangat berhatihati dalam menentukan pemilihan lokasi suatu usaha bisnis. Dengan menentukan lokasi yang strategis akan menyebabkan usaha retail tersebut maju dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tempat parkir, jarak pengelihatan, peritel yang berdampingan terhadap kesuksesan bisnis toko sparepart dan variasi motor di surabaya. Lokasi suatu usaha bisnis merupakan faktor yang dapat mendukung berhasilnya bisnis tersebut, karena memudahkan bisnis tersebut terlihat, dicapai, bertahan di lokasi yang sama, dan dekat dengan jasa pelayanan/toko lainnya. Bisnis dapat dikatakan berhasil karena menempati bagian atau posisi khusus dalam pasaran. Lokasi suatu bisnis biasanya mempunyai dampak langsung terhadap kesan yang ditimbulkannya. Lokasi suatu bisnis harus cocok dengan strategi pemasarannya secara keseluruhan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu merupakan teknik non-probability sampling dimana elemen populasi dipilih berdasarkan judgement peneliti. Karakteristik purposive sampling sudah beroperasi dengan pertimbangan kecenderungan perkembangan usaha sudah mulai nampak, memiliki pelanggan dan berlokasi di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis 1 yang menyatakan diduga tempat parkir berpengaruh positif terhadap kesuksesan bisnis dapat diterima didasari dari hasil uji t yang didapat t14,473 > ttabel 1,960. sedangkan untuk hipotesis 2 yang menyatakan diduga jarak pandang berpengaruh negatif terhadap kesuksesan bisnis dapat diterima. Didasari dari hasil uji t yang didapat t2 -2,845 < -ttabel -1,960. hal tersebut disebabkan oleh jarak pengelihatan menjadi tidak penting bila berkaitan dengan toko yang mempunyai nama, jaringan yang kuat. Hipotesis 3 yang menyatakan diduga peritel yang berdampingan berpengaruh positif terhadap kesuksesan bisnis dapat diterima. Berdasarkan dari hasil uji t3 9,287 > ttabel 1,960. sedangkan untuk hipotesis 4 yang menyatakan diduga tempat parkir, jarak pengelihatan dan peritel yang berdampingan berpengaruh positif terhadap kesuksesan bisnis toko sparepart dan variasi motor di Surabaya dapat di terima. Dengan varibel peritel berdampingan adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap kesusksesan bisnis toko sparepart dan variasi motor. Analisis regresi mengungkapkan bahwa faktor tempat parkir, jarak penglihatan, peritel berdampingan mempunyai hubungan signifikan terhadap kesuksesan bisnis. Ketiga variabel tersebut dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis sebesar 59,4% sedangkan kontribusi faktor lain terhadap kesuksesan bisnis sebesar 40,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Gun 85 2013
Uncontrolled Keywords: tempat parkir, jarak pengelihatan, peritel berdampingan, kesuksesan bisnis.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5469.7-5481 Markets. Fairs
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:56
Last Modified: 10 Jan 2022 03:56
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item