Tingkat adopsi inovasi teknologi sistem m-learning dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada tingkat SMA

Hari, Yulius and Darmanto, Darmanto and Yanggah, Minny Elisa (2016) Tingkat adopsi inovasi teknologi sistem m-learning dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada tingkat SMA. In: Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu & Call for Paper UNISBANK (SENDI_U) 2016, 28 Juli 2016, Gedung D Lantai 6, Kampus Kendeng, Universitas Stikubank (UNISBANK), Semarang.

[img] Text (SIMILARITY)
Turnitin TINGKAT ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI SISTEM M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA TINGKAT SMA (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text (PEER REVIEW-DARMANTO)
PR-TINGKAT ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI SISTEM M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA TINGKAT SMA.pdf

Download (135kB)
Official URL: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/a...

Abstract

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa resmi yang diakui oleh PBB. Di indonesia, kebutuhan kemampuan bahasa ini juga mulai terlihat. Struktur kurikulum 2013 saat ini, dalam kelompok perminatan bahsanya, mata pelajaran bahasa mandarin sebagai salah satu alternatif pilihannya. Sementara itu permasalahan utama dari pembelajaran bahasa ini selain pada terbatasnya sumber daya guru, kesulitan intonasi dan pelafalan Mandarin juga menjadikan kesalahan umum dalam pembelajaran bahasa ini. Dengan perkembangan teknologi saat ini sudah tersedia system pembelajaran berbasis Mobile Learning (M-Learning) yang mampu mengatasi jembatan kesulitan bahasa tersebut, namun sejauh manakah system ini mampu diadaptasi oleh pengguna terutama dalam tingkat pendidikan formal disekolah masih terus dipertanyakan. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dimana mencoba untuk menggali dan mengkaji pemanfaatan system mobile learning guna menunjang proses pembelajaran bahas Mandarin. Dalam hal ini, pengaruh aspek kemanfaatan dari system mobile learning diukur menggunakan pendekatan tingakt adopsi inovasi teknologi yang digunakan oleh para pembelajar baik guru maupun siswa pada tingkat pendidikan SMA. Sebagai sample dalam penelitian ini, diujicobakan pada siswa SMA di Surabaya dan juga guru pada sekolah tersebut yang telah menerapkan sistem pembelajaran ini . Hasil dari feedback dikumpulkan dalam bentuk kuisioner dalam skala likert, yang kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan teknik analisis data dengan pendekatan model persamaan struktural (structural equation modeling).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Learning Management System, Foreign Language Learning, Adopsi Inovasi Teknologi
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: PROSIDING & Call for Papers > Call For Papers
Depositing User: Risma Noviana
Date Deposited: 08 Mar 2018 04:36
Last Modified: 15 Mar 2024 03:49
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item