Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Harga Jual dan Mengevaluasi Kinerja Pemasok

Setiawati, Setiawati (1996) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Harga Jual dan Mengevaluasi Kinerja Pemasok. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
54 SETIAWATI fix.pdf

Download (7kB)

Abstract

Harga jual merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi persaingan dalam dunia garment. Hal ini disebabkan karena konsumen cenderung memilih suatu produk dengan kualitas yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu untuk dapat bersaing maka pihak perusahaan harus dapat menekan biaya yang dikeluarkan tetapi tetap menghasilkan produk dengan kualitas seperti yang diinginkan. Salah satu faktor yang dapat menekan pengeluaran yang tidak diinginkan ialah dengan memperhatikan kinerja pemasok seperti misalnya kualitas, harga, dan pengiriman yang tepat waktu. Apabila kualitas bahan jelek maka akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk memisahkan mana yang bisa dipakai dan mana yang tidak. Demikian pula dengan harga. Jika dengan kualitas yang sama dapat diperoleh harga yang lebih murah maka dapat menurunkan biaya produksi. Pengiriman yang tepat waktu juga dapat mempengaruhi biaya peoduksi karena jika pemasok tersebut terlambat mengirimkanbahan yang dipesan kemungkinan dapat meaghambat proses produksi yang berarti naiknya biaya produksi. Mengingat banyaknya bahan baku dan pemasok yang diperlukan perusahaan maka diperlukan suatu sistem yang dapat mendukung pengambilan keputusan dalam mengevaluasi kinerja pemasok dan menentukan harga jual. Di mana sistem ini dapat berinteraksi dengan pemakai dan mudah digunakan. Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan harga jual diperlukan karena perusahaan harus dapat dengan cepat menentukan harga penjualan suatu produk. Hal ini disebabkan karena banyaknya mode (jenis) yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam waktu yang relatif singkat. Demikian pula perusahaan harus dapat dengan cepat menentukan harga penjualan dalam kondisi khusus. Seperti misalnya ada pembelian dengan jumlah besar, pemesanan produk, adanya pesta diskon yang diselenggarakan di department store tempat perusahaan menempatkan produknya maka perusahaan diharapkan dapat menentukan besarnya diskon yang dapat diberikan atau berapakah harga jual yang baru yang dapat diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.INF Set 54 1997
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T175-178 Industrial research. Research and development
T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:20
Last Modified: 28 Jul 2022 03:20
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item