Ong, Mei Cen (2010) Analisis Value Chain Untuk Membangun Product Value Pada PT. X Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 233.pdf Download (29kB) |
Abstract
PT. X adalah perusahaan yang bergerak pada industri tas tangan wanita. Maraknya industri serupa yang memproduksi tas sejenis membuat PT. X harus memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan. Analisis value chain adalah salah satu alat yang digunakan untuk menciptakan keunggulan kompetitif bagi PT. X. Melalui penelitian ini berusaha untuk menjawab bagaimana penerapan analisis value chain untuk membangun suatu product value pada PT. X. Penelitian yang dilakukan adalah tipe penelitian lapangan dengan mengambil data langsung dari perusahaan yang diteliti. Penelitian dilakukan selama bulan Januari 2010 dengan mengambil objek laporan keuangan dari PT. X selama tahun 2009. Analisis value chain dilakukan dengan cara mengidentifikasikan aktivitas – aktivitas perusahaan yang bersifat value added dan non value added. Setiap aktivitas yang bersifat non value added akan dilakukan cost reduction ataupun cost elimination jika memungkinkan. Analisa dilakukan secara menyeluruh pada setiap aktivitas perusahaan yang termasuk pada primary activities dan support activities. Dari seluruh analisa yang dilakukan secara menyeluruh terhadap setiap aktivitas maka dapat diketahui bahwa hanya aktivitas operations saja yang memiliki nilai tambah bagi perusahaan, sedangkaan bagi aktivitas – aktivitas lainnya tidak menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan. Melalui analisis value chain biaya primary activities perusahaan dapat dikurangi sampai dengan 4,60%. Sedangkan biaya support activities perusahaan dapat dikurangi sampai dengan 14,18%. Hasil akhir dari analisis value chain yang dilakukan adalah biaya dapat dikurangi sampai dengan 5,77% jika dibandingkan dengan sebelum dilakukan analisis value chain, sehingga membentuk meningkatnya product value dalam betuk keunggulan biaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.AK Ong 233 2010 |
Uncontrolled Keywords: | Value Chain, Primary Activities, Support Activities, Product Value |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:06 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 07:10 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2285 |
Actions (login required)
View Item |