Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dalam Memilih Jasa Pengiriman jne Express di Surabaya

Wangsanegara, Lionel Hutama (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dalam Memilih Jasa Pengiriman jne Express di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 4x.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas konsumen dalam memilih jasa pengiriman JNE Express di surabaya. Dari banyaknya jasa pengiriman seperti TIKI, JNE, Pos Indonesia, dan DHL, JNE memiliki harga yang mahal dibanding 4 pengiriman tersebut. Serta JNE mendapatkan banyak keluhan terutama di surabaya, tetapi JNE memenangkan penghargaan top brand award 2017 sebagai jasa pengiriman terbaik pilihan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksploratori kausalitas.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden pengguna JNE Express di Surabaya. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis faktor, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah ditemukan ada 7 faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen dalam memilih jasa pengiriman JNE Express di Surabaya yaitu : faktor pelayanan, lokasi, lingkungan sosial, keamanan pengiriman, fasilitas, kepercayaan merek, dan keterjangkauan harga. Dari ketujuh faktor yang ditemukan tersebut jika di uji secara simultan maka dapat dikatakan bahwa ketujuh variabel X1, X2, X3, X4, X5, X6, dan X7 secara simultan berpengaruh terhadap Y. Sedangkan jika di uji secara parsial mapa dapat diketahui yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen adalah faktor pelayanan (X1), Faktor Lokasi (X2), Faktor lingkungan sosial (X3), faktor keamanan pengiriman (X4), dan faktor kepercayaan (X6) sedangkan Faktor fasilitas (X5), dan faktor keterjangkauan harga (X7) tidak begitu berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dalam memilih jasa pengiriman JNE Express di Surabaya .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Wan 280 2018
Uncontrolled Keywords: Analisis faktorial, Regresi Linier, Distribusi, Loyalitas Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications > HE5880-5990 Express service
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 15 Mar 2018 03:39
Last Modified: 21 Mar 2018 02:35
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item