Penerapan Balancedscore Card Sebagai Informasi Pengukuran Kinerja Dalam Rangka Implementasi Strategi Usaha pada Beauty Salon "X" Surabaya

Gwat, Lian (2008) Penerapan Balancedscore Card Sebagai Informasi Pengukuran Kinerja Dalam Rangka Implementasi Strategi Usaha pada Beauty Salon "X" Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
151 GWAT LIAN.pdf

Download (722kB)

Abstract

Konsep balanced scorecard ini dikembangkan untuk melengkapi pengukuran kinerja finansial (atau dikenal dengan pengukuran kinerja tradisional) dan sebagai alat yang cukup penting bagi organisasi perusahaan untuk merefleksikan pemikiran baru dalam era competitiveness dan efektivitas organisasi. Konsep ini memperkenalkan suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan balanced scorecard sebagai informasi pengukuran kinerja dalam rangka implementasi strategi usaha pada Beauty Salon "X" Surabaya. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu kualitatif yaitu gambaran umum perusahaan, struktur organisasi perusahaan, sistem akuntansi yang digunakan perusahaan. Sedangkan data kuantitatif yaitu data yang berupa angkaaryka diantaranya laporan keuangan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perspektiflnaneial dengan menggunakan pengukuran EV,\ sales gfowth, net profit margin, return on asset, total asset turnover, diltt receivable turnover. Perspektif Konsumen dengan menggunakan pengukuran c-ustomer retention, customer acquisition, dAn number of customer complain. Perspektif Internal Bisnis dengan menggunakan pengukuran waktu penyelesaian order tepat waktu, dan Yield Rate. Perspektif Belajar dan tumbuh dengan menggunakan pengukuran Employee Turn Over, produktivitas, dan absenteeism. Hasil penelitian dengan menggunakan balanced scorecard menunjukkan bahwa perusahaan perlu adanya evaluasi yaitu perlu adanya evaluasi yaitu pada memaksimumkan ROA, meningkatkan pendapatan, optimalisasi proses produksi, optimalisasi kinerja perusahaan, dan optimalisasi sumber daya manusia dan kinerja karyawan. Untuk itu dalam menyusun perencanaan strategik disarankan para perencana strategik (pimpinan) mempertimbangkan hal-hal seperti, kemampuan perusahaan dalam menyediakan sumberdaya yaitu yang tercermin dalam perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hal ini diperlukan karena karyawan yang ahli dan kompeten akan berimplikasi pada kualitas proses yang lebih baik dan selanjutnya akan dapat memuaskan pelanggan sehingga meningkatkan laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.AK Gwa 151 2008
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:42
Last Modified: 05 Jan 2023 07:35
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item View Item