Aplikasi Semantik Pada Sistem Informasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Mobile

Prayogo, Trifosa (2016) Aplikasi Semantik Pada Sistem Informasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Mobile. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu wajib bagi pelajar, namun kebanyakan siswa siswi tidak menyukai mata pelajaran matematika. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah siswa-siswi sekolah dasar dalam belajar matematika. Materi yang digunakan pada aplikasi ini adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada aplikasi terdapat fitur Tanya Soal yang menggunakan proses semantik, dimana meliputi pengenalan suara dan merubah menjadi tulisan (Speech Recognition), proses pemisahan kalimat, perbandingan kata, dan memberikan jawaban berupa suara (Text-to-Speech). Pengkodean menggunakan Android Studio berbasis Android, sehingga aplikasi ini akan berjalan pada smartphone. Pada perangkat Asus dan Xiaomi, fitur memberikan jawaban berupa suara (Text-to-Speech) tidak dapat berfungsi karena perangkat tidak mendukung Text-to-Speech bahasa Indonesia. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan manfaat kepada siswa-siswi agar lebih mudah untuk belajar hitung berhitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.INF Pra 136 2016
Uncontrolled Keywords: Semantik, Speech Recognition, Text-to-Speech, Android
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P325-325.5 Semantics
Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics
T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:15
Last Modified: 22 Mar 2018 03:24
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item