Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesetiaan Konsumen dalam Memilih Jasa Angkutan pada PT. Roda Kencana Ekspres di Surabaya

Sugiharto, Jemmy (2001) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesetiaan Konsumen dalam Memilih Jasa Angkutan pada PT. Roda Kencana Ekspres di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
200. JEMMY SUGIHARTO.pdf

Download (685kB)

Abstract

Persaingan dalam bisnis pengangkutan adalah sangat ketat PT. Roda Kencana Ekspres harus dapat benar-benar memperhatikan faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan agar dapat menjaga kesetiaan konsumen. Dalam hal ini perusahaan harus selalu bertanggung-jawab penuh terhadap segala hal-hal yang tidak diinginkan misalnya seperti keterlambatan pengiriman baranq, pencurian barang, kerusakan barang karena kecelakaan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Misalnya, kesalahan dalam mengatur barang di atas truk sehingga menyebabkan barang menjadi rusak atau kecelakaan karena kurangnya kewaspadaan sopir dalam mengemudi truk, sehingga terjadi tabrakan dengan kendaraan lain dan menyebabkan barang yang diangkut menjadi rusak. Ada perusahaan pengangkutan yang tidak mau menanggung resiko seperti di atas sehingga pihak yang memilih jasa angkutan menjadi kecewa karena salah dalam memilih perusahaan pengangkutan mana yang betul-betul aman dan dapat dipercaya meskipun perusahaan pengangkutan tersebut telah memiliki nama yang cukup terkenal di dunia bisnis pengangkutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan, keamanan, relasi, dan kepercayaan terhadap kesetiaan konsumen dalam memilih jasa angkutan pada PT. Roda Kencana Ekspres di Surabaya? Penelitian ini menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner kepada pemakai jasa angkutan pada PT. Roda Kencana Ekspres sebanyak 76 responden. Skala jawaban untuk menilai variabel pelayanan, keamanan, relasi, dan kepercayaan terhadap kesetiaan konsumen menggunakan skala Likert 1-5. Uji statistik regresi linier berganda dengan uji F untuk mengetahui pengaruh seluruh variabel terhadap kesetiaan konsumen dan uji t untuk mengetahui pengaruh setiap variabel bebas terhadap kesetiaan konsumen. Tingkat signifikansi sebesar 0,05 (5%). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh ada pengaruh secara serempak sebesar 76,6% antara pelayanan, keamanan, relasi, dan kepercayaan terhadap kesetiaan konsumen dengan F hitung 76,373 > F tabel 2,74. Variabel pelayanan berpengaruh dominan terhadap kesetiaan konsumen dengan t hitung 7,7868.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sug 200 2001
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:37
Last Modified: 09 Nov 2022 03:37
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item